Beranda Pariwisata Pantai Gope, Wisata Murah Meriah di Kota Serang

Pantai Gope, Wisata Murah Meriah di Kota Serang

Pengunjung Pantai Gope. (Ade/bantennews)

 

SERANG– Pantai Gope yang terletak di daerah Karangantu, Kelurahan Banten, Kecamatan Kasemen, Kota Serang, adalah satu-satunnya tempat wisata yang terbilang murah meriah. Dikarenakan, pantai tersebut berbeda dengan tempat-tempat wisata di Banten.

Para pengunjung dari luar daerah hingga penduduk asli Kota Serang hanya cukup membayar Rp 500 alias gope, sudah bisa menikmati liburan keluarga yang cukup memuaskan. Mulai dari mancing, berenang, hingga penitipan kendaraan pun digratiskan.

Bahkan di Pantai Gope tersebut, terdapat tiga pulau yang bisa dikunjungi untuk berlibur. Mulai dari Pulau Tiga, Pulau Empat dan Pulau Lima. Pengunjung hanya perlu membayar sekitar Rp300 ribu sampai Rp600 ribu untuk satu kapal yang bermuatan sekitar 20 orang.

Di tiga pantai itupun, terdapat berbagai macam wahana permainan bersama keluarga. Mulai dari outbond, Sea Walker (Menyelam melihat keindahan laut), dan perahu dayung. Bahkan terdapat tempat penginapan yang disediakan untuk para wisatawan.

Salah satu wisatawan asal Bandung, Yuanita mengaku,  sengaja datang ke pantai ini karena penasaran. Ia mengaku, sering melihat tentang Pantai Gope di media sosial (Medsos). “Saya melihat di Facebook dan Instagram, bahwa ada pantai di Banten dengan membayar Rp 500  sudah bisa berwisata dengan keluarga. Makanya saya penasaran kesini, teryata benar adanya,” kata wanita muda berusia sekitar 30 tahun bersama suami serta anaknya.

Yuanita  tidak menyesal datang ke Pantai Gope, karena fasilitas yang tersedia memang cukup memuaskan. Apalagi, kata dia, banyak jajanan tradisional.

“Saya cukup puas, ada badut-badut juga tadi disitu. Bahkan saya juga sempat ke Pulau Lima tadi. Airnya bersih dan lumayan untuk liburan bersama keluarga,” ujarnya.

Sementara itu, salah seorang warga Karangantu, Arisandi menjelaskan, bahw sebutan Pantai Gope berawal dari cerita pengunjung wisata. Karena setiap wisatawan yang masuk ke lokasi membawa kendaraan akan dipungut biaya sebesar Rp 500  atau gope. ”Nah dari situlah, disebut Pantai Gope. Karena bayar masuk kendaraan sekaligus parkirnya hanyalah gope,” ujarnya.

Pantai Gope  sudah mulai populer di telinga masyarakat Banten, khususnya warga Kota Serang. Terbukti, setiap memasuki akhir pekan lokasi tersebut banyak dipadati wisatawan.  Pelabuhan Karangantu ini memiliki nilai sejarah. Sebab, pernah mengalami masa kejayaan pada zaman Kesultanan Banten.

Saat ini pelabuhan yang menjadi objek wisata terus berbenah. Meski demikian, lokasi wisata tersebut adalah bangunan dermaga untuk kapal-kapal nelayan bersandar.

Para wisatawan yang singgah tidak saja menikmati indahnya pemandangan. Tetapi, pengunjung yang gemar mancing bisa melampiaskan hobinya di lokasi ini. Sebab di pantai tersebut terdapat spot-spot untuk aktivitas mancing.(Dhe/Red).

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini