Beranda Nasional Panglima TNI Siapkan Hercules Bantu Masyarakat Papua Rayakan Natal

Panglima TNI Siapkan Hercules Bantu Masyarakat Papua Rayakan Natal

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menginstruksikan kepada TNI AU untuk menyiapkan satu pesawat Hercules C-130 dalam rangka membantu masyarakat Jayapura yang ingin pulang kampung

SERANG – Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto menginstruksikan kepada TNI AU untuk menyiapkan satu pesawat Hercules C-130 dalam rangka membantu masyarakat Jayapura yang ingin pulang kampung ke Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Provinsi Papua, demikian juga sebaliknya untuk merayakan Natal dan Tahun Baru 2021

Hal tersebut disampaikan Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Silas Papare Marsma TNI Budi Achmadi di Kota Jayapura, Papua, Kamis (24/12/2020).

“Saat ini, Lanud Silas Papare mendukung pelaksanaan operasi penerbangan pesawat Hercules TNI-AU yang disiapkan untuk membantu tokoh masyarakat, tokoh agama, dan masyarakat dari Jayapura yang kurang mampu dan ingin merayakan Natal di Wamena,” ujarnya.

Selanjutnya dikatakan bahwa bantuan itu berawal permintaan dari Ketua Forum Komunikasi Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Papua Pdt Lipius Binilux ke Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. Oleh karena itulah, TNI memberikan fasilitas layanan angkutan pulang kampung gratis bagi warga Kota Wamena saat momen Natal dan Tahun Baru. Sedangkan angkutan udara tersebut sudah mulai membawa penumpang pada Rabu kemarin.

Menurut Danlanud Silas Papare Marsma TNI Budhi Achmadi, dukungan angkutan udara ini dilaksanakan hingga hari Kamis 24 Desember 2020.

“Ini merupakan wujud kepedulian TNI kepada masyarakat Papua agar dapat merayakan Natal dengan penuh kedamaian dan sukacita,” katanya.

Terkait keterbatasan jumlah masyarakat yang bisa diangkut, Danlanud mengatakan bahwa dukungan angkutan udara tersebut diprioritaskan untuk tokoh agama, tokoh masyarakat, dan masyarakat yang kurang mampu.

“Itu yang menjadi prioritas kami untuk kami layani dan diangkut ke tempat tujuan,” ucapnya.

Danlanud menambahkan bahwa untuk setiap penumpang harus melaksanakan Protokol Kesehatan yang telah ditentukan, antara lain harus pakai masker, dilaksanakan pengecekan suhu tubuh,  dan melengkapi diri dengan surat keterangan bebas Covid-19.

Ketua FKUB Papua, Pendeta Lipius Binilux, mengapresiasi bantuan yang diberikan TNI untuk masyarakat, sehingga dapat merayakan Natal dengan sukacita bersama keluarga.

“Saya ucapkan terimakasih dan mengapresiasi atas bantuan tersebut karena sudah meringankan beban masyarakat yang ingin Natal bersama keluarga, baik yang dari Jayapura-Wamena maupun sebaliknya Wamena-Jayapura,” tuturnya.

Di tempat terpisah, Kepala Penerangan Komando Gabungan Wilayah Pertahanan III (Kapen Kogabwilhan III) Kolonel Czi IGN Suriastawa mengatakan bahwa dalam rangka pengamanan menjelang Hari Natal dan Tahun Baru di wilayah Papua, semua prajurit tetap siaga sambil membantu masyarakat saat bulan kasih dengan tetap melakukan sesuai dengan protokol kesehatan.

“Situasi cukup landai dan masyarakat sangat antusias serta fokus pada bulan kasih menjelang penyambutan Natal dan Tahun Baru 2021,” katanya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini