Beranda Pendidikan Pandemi ‘Memaksa’ Siswa Beradaptasi dengan Teknologi

Pandemi ‘Memaksa’ Siswa Beradaptasi dengan Teknologi

Eli Awaliah Rossellini saat mengajar di SD Walikukun, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon sebelum pandemi

CILEGON – Sudah lebih dari 17 tahun, Eli Awaliah Rossellini mengabdikan hidupnya untuk mencerdaskan anak bangsa dengan mengajar di SD Walikukun, Kecamatan Citangkil, Kota Cilegon.

Selama itu pula, baru kali ini, Bu Eli, begitu sapaan akrabnya, mengalami hal yang sangat aneh dalam perjalanan karir mengajarnya. Hal yang sangat aneh itu di antaranya adalah kosongnya sekolah karena pandemi Covid-19.

“Sekolah lengang karena diberlakukannya Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) melalui handphone. Namun, rupanya hal ini membuat orangtua siswa mengeluh karena di antara mereka ada yang tidak punya. Ada juga yang punya tapi belum begitu paham menggunakannya,” tutur Ibu dari tiga anak ini.

Menurut Bu Eli, untuk mengantisipasi kendala dalam PJJ, biasanya kakak atau orang yang sudah dewasa di keluarga siswa menjadi pembimbingnya.

“PJJ dilakukan agar bisa mengontrol siswa, memudahkan komunikasi, dan mengingatkan mereka untuk tetap menjalankan protokol pencegahan Covid-19 seperti Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak (3M),” tuturnya, Minggu (27/12/2020).

Pada awal pemberlakuan PJJ, Eli mengaku ‘rungsing’ atau ada beberapa hal yang harus dihadapinya karena PJJ merupakan hal yang baru dan pertama yang dilakukan oleh pihak sekolah dan dirinya.

“Namun, kita mulai beradaptasi dengan PJJ. Pertama-tama kita membuka WAG, memberi tugas, menonton video pembelajaran, zoom meeting, ulangan online dan sebagainya,” ujarnya.

Eli menambahkan, dengan kondisi seperti ini ia mengaku akan memberikan dampak yang sangat kuat bagi siswa terutama dalam pemahaman terhadap teknologi.

“Pandemi membawa siswa untuk belajar beradaptasi, terutama dalam penggunakan teknologi informasi,” kata Eli dengan yakin.

(AU/Red/SG)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini