Beranda Bisnis Pandemi, Ekspor Dedak Gandum Cilegon Tembus Rp294 Miliar

Pandemi, Ekspor Dedak Gandum Cilegon Tembus Rp294 Miliar

Dedak Gandum Asal Kota Cilegon - foto istimewa

CILEGON – Karantina Pertanian Cilegon kembali merangkum data ekspor dedak gandum sebanyak 58 ribu ton atau senilai Rp294 miliar dengan frekuensi 127 kali selama 1 Januari hingga 30 Juni 2021.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu, ekspor dedak gandum hanya mencapai 29 ribu ton atau senilai Rp115 miliar dengan frekuensi 112 kali pengiriman.

“Artinya kinerja ekspor pada volume komoditas dedak gandum dalam semester I naik 101 % pada total volume ekspor. Jika dilihat dari nilai rupiahnya maka naik sebanyak 154%,” terang Arum Kusnila Dewi Kepala Karantina Pertanian Cilegon, Kamis (22/7/2021).

Sedangkan untuk negara tujuan ekspor adalah Tiongkok, Vietnam, Thailand, Papua Nugini, Timur Leste dan Jepang. Namun Arum menjelaskan bahwa negara tujuan ekspor dedak gandum asal Cilegon ini adalah Tiongkok.

“Meski dunia sedang dalam pandemi Covid-19 namun kinerja ekspor asal industri Kota Cilegon masih menunjukkan tren yang baik. Dengan mematuhi protokol kesehatan Covid – 19, Pejabat Karantina Pertanian Cilegon akan terus melakukan pelayanan karantina. Hal ini kami lakukan untuk guna memfasilitasi ekspor agar terus lancar dan tidak mengalami penolakan,” pungkas Arum.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini