Beranda Pemerintahan Pandemi Covid-19, Arief : RKAP Difokuskan Pada Empat Hal

Pandemi Covid-19, Arief : RKAP Difokuskan Pada Empat Hal

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah

TANGERANG – Situasi Pandemi Covid-19 berdampak luas dan berantai yang salah satunya juga termasuk pada kegiatan pemerintahan. Karenanya, Pemkot Tangerang harus melakukan beberapa perubahan kebijakan dan program kegiatan.

Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Tangerang menggelar pelaksanaan Verifikasi Rencana Kerja Anggaran Perubahan (RKAP) Tahun Anggaran 2020 melalui zoom meeting di Ruang Rapat Walikota Tangerang.

Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah menitikberatkan beberapa fokus kegiatan diantaranya peningkatan pelayanan kesehatan, pendidikan, ekonomi dan sarana prasarana publik. Kata Arief, Fokus pertama RKAP diarahkan kepada kesehatan.

“Bagaimana program kesehatan mampu meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam penerapan hidup bersih dan sehat,” katanya, Kamis (27/8/2020).

Setelah kesehatan, prioritas kedua yakni pendidikan. Arief meminta Dinas Pendidikan memasukkan program kegiatan belajar mengajar yang mampu meningkatkan kualitas anak-anak sebagai generasi akan datang.

“Selain itu perbaikan sarana prasarana seperti saluran dan jalan terus dilakukan walaupun di tengah pandemi tetap kita optimalkan. Untuk ruas jalan provinsi dan nasional kita juga terus berkoordinasi dengan pihak terkait,” jelasnya.

Berkaitan dengan pemulihan ekonomi, Pemkot Tangerang juga sedang menggelontorkan Program Tangerang Bantuan Insentif Untuk Startup Anda (BISA) dimana menyalurkan bantuan modal kepada masyarakat terdampak Covid-19 yang ingin memulai usaha kecil.

“Agar ekonomi berputar, kita bantu UMKM sementara kuotanya untuk 10.000 orang dengan modal yang diberikan 500 ribu rupiah,” ungkap Walikota Tangerang dua periode ini.

Lebih lanjut, Arief meminta seluruh OPD berinovasi di tengah pandemi untuk tetap melayani masyarakat dengan prima.

“Sesuaikan dengan kegiatan-kegiatan kita, jadi walaupun anggarannya sangat terbatas justru inilah saatnya melakukan inovasi dan kreativitas baru di tengah pandemi Covid19 ini,” ujarnya.

Menutup arahannya, Arief berpesan kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Tangerang untuk menyusun RKAP yang selaras dan tepat sasaran.

“Keberhasilan sinergri program kesehatan, pendidikan, perekonomian dan lainnya akan meningkatkan kualitas sosial masyarakat di tahun 2021. Jadi kita kerja keras di akhir 2020 agar kondisi di 2021 bisa reborn,” pungkasnya.

(Tra/Wan/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini