Beranda Hukum Pandemi Corona, Pembuatan SIM di Polres Pandeglang Menurun

Pandemi Corona, Pembuatan SIM di Polres Pandeglang Menurun

Ipda Jimi Farid, Kanit Regident Satlantas Polres Pandeglang. (Memed/bantennews)

PANDEGLANG – Merebaknya virus Corona sangat berpengaruh pada roda perekonomian di Indonesia. Hal itu berpengaruh juga pada antusias warga untuk membuat Surat Izin Mengemudi (SIM).

Seperti yang dikatakan Kanit Regident Satlantas Polres Pandeglang, Ipda Jimi Farid. Kata dia, jika dibandingkan pada Mei 2019 kemarin pembuatan SIM hingga Mei 2020 ini terjadi penurunan yang cukup signifikan.

“Pembuatan SIM mengalami penurunan. Januari hingga Mei 2019 tercatat pembuatan SIM sebanyak 4.179, sedangkan Januari hingga Mei 2020 SIM baru 3.566 turun sekitar 600-an,” kata Jimi, Jumat (5/6/2020).

Jimi membeberkan, penurunan terjadi karena pandemi Covid-19 yang membuat masyarakat lebih memilih diam di rumah daripada mengantre bikin SIM. Padahal kata dia, Polres Pandeglang sudah menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

“Padahal kami sudah menyediakan tempat cuci tangan, hand sanitizer, menerapkan kursi dengan jarak aman antar pemohon SIM, bahkan pengecekan suhu badan. Bagi yang suhu badannya tinggi kami arahkan ke Dokkes Polres Pandeglang untuk lakukan pemeriksaan kesehatan,” jelasnya.

Selain menyediakan tempat cuci tangan dan lainnya untuk para pemohon SIM, diterapkan juga protokol kesehatan bagi para petugas di  Polres Pandeglang seperti memakai masker, sarung tangan, dan juga faceshield.

“Setiap sebelum melaksanakan tugas semua petugas diwajibkan cuci tangan pakai sabun, kemudian dicek suhu badannya. Bagi yang suhu badannya tinggi kami arahkan untuk periksa kesehatan,” ucapnya. (Med/Red)