Beranda Pemerintahan Pandeglang Jadi Target Pembentukan Unit Kerja Kantor Imigrasi

Pandeglang Jadi Target Pembentukan Unit Kerja Kantor Imigrasi

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Serang Viktor Manurung (kiri) saat bertemu Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban

PANDEGLANG – Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia melalui Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Serang mengusulkan segera membuka Unit Kerja Kantor (UKK) imigrasi di Kabupaten Pandeglang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Serang, Viktor Manurung saat melakukan pertemuan dengan Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban di Kantor Wakil Bupati Pandeglang, Rabu (3/3/2021).

“Dalam rangka meningkatkan dan mempermudah pelayanan keimigrasian bagi masyarakat Pandeglang, kami berencana akan membuka UKK di Kabupaten Pandeglang. Saat ini rencana itu masih dalam tahap usulan ke Pemkab Pandeglang,” kata Viktor usai bertemu Wakil Bupati Pandeglang.

Menurutnya, untuk mewujudkan hal tersebut tentunya harus melalui komunikasi terlebih dahulu dengan Pemkab Pandeglang.

“Tentu saja kami harus sampaikan keinginan ini kepada Pemkab Pandeglang, supaya Pemkab bisa membantu keinginan kami dalam membentuk UKK Imigrasi di Pandeglang,” ucapnya.

Ia menjelaskan, nantinya di UKK hanya akan melayani pembuatan paspor dan tidak melayani ijin tinggal serta tidak melakukan pengawasan terhadap orang asing.

“Adapun target pembentukannya tergantung dari ketersediaan dan kesiapan dari Pemkab Pandeglang, karena sarana dan prasarana UKK dipersiapkan oleh Pemkab,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Pandeglang Tanto Warsono Arban menyambut baik terkait rencana pembentukan UKK di Kabupaten Pandeglang. Menurutnya, layanan keimigrasian sebetulnya sudah terwujud dengan baik di Mall Pelayanan Publik, namun untuk mempermudah layanan pada masyarakat tentu pihaknya akan sangat mendukung rencana tersebut.

“Usulan ini kami akan kaji, tapi tidak tahun ini karena seperti kita ketahui bersama bahwa anggaran kita terfokus pada penanganan Covid-19, mungkin kita bisa rencanakan di tahun 2022,” ucapnya.

(Med/Red)

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini