Beranda Pemerintahan Pandeglang Bakal Dijadikan Contoh Pelayanan Kesehatan Primer Pesisir

Pandeglang Bakal Dijadikan Contoh Pelayanan Kesehatan Primer Pesisir

Anggota DPR Ri Nova Rianti Yusuf. (Memed/bantennews)

PANDEGLANG – Usai melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Pandeglang, Komisi IX DPR RI menginginkan Pandeglang menjadi kabupaten percontohan pelayanan kesehatan primer di wilayah pesisir.

Hal itu disampaikan langsung oleh Pimpinan Tim Kunker Komisi IX DPR RI, Nova Rianti Yusuf. Menurutnya penanganan korban bencana tsunami kemarin harus menjadi bahan evaluasi pemerintah pusat di bidang kesehatan. Dimana Pandeglang harus memaksimalkan pelayanan kesehatan di puskesmas dengan sarana dan prasarana yang mendukung, sehingga ketika terjadi bencana, pelayanan kesehatan sudah siap.

“Bikin model pelayanan kesehatan primer pesisir, apalagi Pandeglang punya 51 pulau dan kalau saya lihat garis terdepannya itu harus puskemas, jadi saya rasa yang harus dimaksimalkan adalah fungsi-fungsi pelayanan kesehatan puskesmas tapi bukan sekarang itu buat ke depan,” katanya, Kamis (7/2/2019).

Selain fasilitas yang memadai, kata Nova, tenaga medis yang bertugas di wilayah rawan bencana juga harus dibekali mitigasi bencana, sehingga jika terjadi bencana mereka sudah tahu apa yang mesti dilakukan, mengingat kondisi Gunung Anak Krakatau yang masih aktif jadi hal tersebut dianggap sangat penting.

“Saya sangat mendukung Pandeglang harus jadi model pelayanan primer, supaya Indonesia yang garis pantainya panjang ini ada salah satu contoh jadi Pandeglang ini jadi percontohan. Tahun depan APBD harus siap untuk kesiapsiagaan bencana untuk mitigasinya, tanggap daruratnya,” ujarnya. (Med/Red)