Beranda Sosial Pandeglang Akan Kembali Kirim 5 Truk Benih Kedelai ke Lampung

Pandeglang Akan Kembali Kirim 5 Truk Benih Kedelai ke Lampung

Jumhana (kiri) saat bertemeu dengan petani kedelai. (Memed/bantennews)

PANDEGLANG – Rencananya dalam bulan ini Kabupaten Pandeglang akan kembali mengirim 5 truk benih kacang kedelai ke Lampung Selatan dan Lampung Timur. Pengiriman itu akan dilakukan oleh Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pandeglang.

Kepala BUMD Pandeglang Enjum Jumhana mengatakan, pengiriman itu akan dilakukan tanggal 24 atau 25 Oktober mendatang dengan jumlah pesanan untuk Lampung Selatan sebanyak 14 Ton dan Lampung Timur 17,5 Ton. Puluhan ton benih itu dibeli BUMD Pandeglang dari sejumlah petani yang ada di Kecamatan Sobang dan Kecamatan Panimbang.

“Insya Allah selama Pandeglang dipercaya akan kami suplai sesuai permintaan mereka dan sesuai dengan stok yang ada. Insya Allah dalam minggu ini kalau labelling sudah selesai kami akan berangkatkan ke sana, minimal 5 truk,” ujar Jumhana ditemui di ruangannya, Jumat (19/10/2018).

Selain pengiriman ke Lampung Selatan dan Lampung Timur, Pandeglang juga akan mengirim benih kacang kedelai ke Kabupaten Malang, namun pengiriman itu akan dilakukan setelah ada surat resmi dari dinas terkait yang ada di Malang.

“Kalau ke Malang nanti kami lihat dulu permintaan dari Malang ini baru via WhatsApp, nanti kalau sudah ada surat permintaan dari dinas terkait baru kami eksekusi. Contoh Lubuk Linggau, mereka sudah menawarkan sama kami udah negosiasi harga, ya akan kami siapkan barangnya dan akan kami kirim ke sana sesuai kesepakatan nanti,” terangnya.

Lebih lanjut Jumhana mengatakan, kalau dirinya tengah berkomunikasi dengan masyarakat agar hasil panen yang mereka miliki jangan sampai dijual ke tengkulak.

“Masyarakat tani itu jangan sampai pasca panen menjual ke orang lain, karena begini masyarakat juga awalnya dapat bantuan bibit dari pemerintah ketika dalam perjalanan menjual ke tengkulak dan sebagainya, itu hal-hal yang seharusnya jangan dilakukan oleh petani, kecuali sudah komunikasi dengan pengusaha dengan harga yang wajar,” imbuhnya. (Med/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini