Beranda Pemerintahan Pancasila Pererat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Pancasila Pererat Persatuan dan Kesatuan Bangsa

Suasana upacara pada peringatan hari lahir Pancasila yang dilaksanakan di lapangan Kodim 0601 Pandeglang, Sabtu (1/6/2019). Foto istimewa Humas Pemkab Pandeglang

PANDEGLANG – Komandan Kodim 0601 Letkol Inf. Denny Juwon Pranata menjadi Inspektur upacara pada peringatan hari lahir Pancasila yang dilaksanakan di lapangan Kodim 0601 Pandeglang, Sabtu (1/6/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Komandan Kodim 0601 Letkol Inf. Denny Juwon Pranata mengatakan bahwa Pancasila sebagai dasar negara, dan pandangan hidup bangsa Indonesia, yang digali oleh para pendiri bangsa dan merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa.

“Dapat kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,” tuturnya seperti dikutip dari Instagram Humas Pemkab Pandeglang.

Ia mengatakan Pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus di perjuangkan, keberagaman kondisi geografis hingga aspek sosiologis masyarakat hanya dapat dirajut dalam bingkai kebangsaan yang inklusif.

Oleh karena itu nilai-nilai Pancasila harus di lakukan dan diperjuangkan secara terus menerus dan tentunya harus di amalkan dalam kehidupan sehari-hari, agar persatuan tetap terjaga.

“Oleh karena itu dengan peringatan hari lahir pancasila kita jadikan momentum pererat persatuan dan kesatuan, “terangnya.

Hal senada di katakan Bupati Irna Narulita, Ia mengatakan Pancasila merupakan dasar dan ideologi negara.

“Berkat Pancasila toleransi dan gotong royong serta keberagaman bangsa Indonesia yang ada menjadi suatu berkah, dimana Pancasila sebagai bintang penuntun keberagaman, dan Pancasila menjadi identitas nasional sebagai dasar pemersatu bangsa dalam wadah Bhinneka Tunggal Ika”, kata Irna usai menghadiri upacara hari lahir pancasila.

“Maka dari itu peringatan hari lahir Pancasila jadikan momentum untuk membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. Pancasila sebagai Leitstars dinamis yang mengandung visi dan misi negara yang dapat memberikan orientasi arah perjuangan dan pembangunan bangsa ke depan dalam mewujudkan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan,” pungkasnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini