Beranda Pemerintahan Pameran Alutsista Jadikan Momen Silaturahmi Warga Sipil dengan TNI

Pameran Alutsista Jadikan Momen Silaturahmi Warga Sipil dengan TNI

SERANG– Warga sipil Kota Serang tampak sumringah saat mengunjungi pameran sistem persenjataan milik TNI. Banyak warga yang datang berebut hanya ingin berswafoto dengan alat-alat yang biasa digunakan para personel militer di Indonesia.

Hal itu terlihat pada acara pameran alutsista 2018 yang digelar Korem 064 Maulana Yusuf di halaman Stadion Maualana Yusuf Ciceri, Kota Serang, Jumat (5/10/2018). Pameran tersebut digelar serentak di seluruh daerah di Indonesia.
Rankaian kegiatan dalam rangka HUT TNI ke-73 itu menampilkan sejumlah kendaraan dan persenjataan yang dimiliki oleh TNI.

Siswa tengah menaiki sebuah tank tempur dalam pameran alutsista pada HUT ke-73 di Stadion Maulana Yusuf, Kota Serang.

Di antaranya beragam senjata mulai dari pestol dan senjata laras panjang, kemudian kendaraan andalan TNI juga seperti Tank Leopard, dan beragam kendaraan bersenjata juga berjejer rapi. Tak pelak pameran itu menyedot warga sipil untuk mengunjungi pameran yang berlangsung selama tiga hari yakni mulai 5-7 Oktober 2018 dibuka mulai 09.00-20-00 WIB.

Pameran itu sebagai wisata militer dapat dijadikan alternatif warga untuk lebih mengenal peran TNI dan kekuatan persenjataan yang dimiliki TNI. Korem 064 MY Kolonel Czi Budi Hariswanto mengatakan pameran ini merupakan ajang silaturahmi antara warga sipil dengan para personel TNI. Ia berharap pameran ini dapat mendekatkan TNI dan rakyat agar bersatu dalam menjaga keutuhan NKRI.

“Kami tampilkan beberapa alat persenjataan dan kendaraan militer agar warga tahu kekuatan TNI sesungguhnya dan ini juga sebagai oertanggungjawaban kami pada masyarakat. Karena semua sistem oersenjataan yang dimiliki TNI berasal dari rakyat,” ujarnya di sela-sela pameran berlangsung.

Ia juga menjelaskan bahwa kekuatan TNI sekarang sudah cukup kuat dan mampu menjaga pertahanan dan keamanan negara terutama di daerah Banten. “Jadi sampai saat ini kekuatan alutsista TNI sudah cukup kuat dan tak bisa diremehkan dengan negara tetangga. Karena pemerintah juga sudah mulai berbenah untuk terus meningkatkan kekuatan sistem persenjaan TNI,” ujarnya. (Dhe/Red)