Beranda Teknologi Pahami Fastboot Mode untuk Selamatkan HP Android Bila Terjadi Masalah

Pahami Fastboot Mode untuk Selamatkan HP Android Bila Terjadi Masalah

Ilustrasi - foto istimewa suara.com

SERANG – Masih banyak pengguna Android tidak tahu apa itu Fastboot Mode di HP mereka. Padahal mengetahui cara kerja mode ini bisa menyelamatkan HP kamu apabila terjadi apa-apa.

Ya, Fastboot Mode merupakan sistem yang cukup berguna, akan tetapi ini menjadi mode yang membingungkan pada perangkat Android.

Banyak pengguna Android bertanya tentang fungsi Fastboot Mood dan bagaimana cara kerjanya. Jika kamu juga bingung terkait hal tersebut, berikut adalah penjelasannya. Seperti melansir suara.com.

1. Apa itu mode Fastboot?

Mode fastboot adalah salah satu mode pada perangkat Android di mana kamu dapat menjalankan berbagai perintah dari komputer di perangkat kamu.

Dengan kata lain, Fastboot Mode ini merupakan protokol komunikasi antara HP dan PC kamu, baik dalam hal hardware maupun software.

Keterangan yang muncul saat masuk ke dalam mode fastboot biasanya terdapat “tulisan fastboot dengan logo Android yang sedang melakukan perbaikan”.

2. Apa fungsi Fastboot Mode?

Mode ini memang jarang sekali digunakan dan diketahui. Oleh sebab itu, beberapa orang mungkin bingung dengan apa fungsi dari Fastboot Mode sebenarnya.

Fastboot Mode biasanya digunakan untuk mem-flash partisi pada Android, kemudian melakukan recovery,hingga melakukan pembaharuan firmware, dan lainnya.

Semua hal tersebut dapat dilakukan dengan memasukkan perintah melalui command prompt di PC ataupun melalui terminal di Android.

Selain itu, Mode Fastboot juga dapat melakukan banyak hal seperti memungkinkan kamu menginstal file kustom, menginstal file stok, membuka kunci bootloader, mengunci kembali bootloader, mem-flash pemulihan kustom, dan menginstal berbagai file inti sistem Android.

3. Apakah mode Fastboot menghapus data?

Ketika masuk ke Fastboot Mode, banyak pengguna Android waswas dengan keamanan datanya. Namun tenang saja, Mode fastboot tidak menghapus data apa pun dengan sendirinya.

Namun, jika kamu menggunakan perintah Fastboot tertentu, itu dapat menghapus data di ponsel Android kamu. Oleh karena itu, kamu harus berhati-hati saat menggunakan perintah ini.

4. Bagaimana cara masuk Fastboot Mode di Android

Caranya mudah, kamu bisa menggunakan tombol fisik di Android. Caranya, tekan tombol Power + Volume Down ataupun Volume Up secara bersamaan.

Tapi jika smartphone kamu dalam kondisi Lock Bootloader, tentu cara ini tidak bisa dilakukan. Kamu harus pergi ke service center terdekat.

Demikianlah penjelasan singkatnya. Semoga kamu tak perlu bertanya-tanya lagi soal apa itu Fastboot Mode di Android.

(Red)