Beranda Pemerintahan Optimalkan Pelayanan Bus Tayo, Dishub Kota Tangerang Bakal Tambah 2 Koridor Baru

Optimalkan Pelayanan Bus Tayo, Dishub Kota Tangerang Bakal Tambah 2 Koridor Baru

Bus Tayo Kabupaten Tangerang - foto istimewa

TANGERANG – Pemkot Tangerang terus mengoptimalisasi pelayanan transportasi umum di Kota Tangerang. Terbaru, Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang berencana menambah koridor baru Bus Tayo, sebanyak dua koridor.

Kepala Dishub Kota Tangerang, Ahmad Suhaely menuturkan, pihaknya telah mengajukan rencana tersebut ke pemerintahan pusat melalui Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) terkait penambahan koridor baru opersional Bus Tayo di Kota Tangerang. Lanjutnya, dua koridor baru tersebut, meliputi koridor 5 (TangCity Mall-Bandara Soekarno-Hatta), dan koridor 6 (circle/integrasi).

“Seiring peningkatan jumlah penumpang Bus Tayo, kita (Dishub Kota Tangerang) telah mengajukan rencana penambahan dua koridor baru. Hal ini dilakukan untuk mengakomodasi potensi jumlah pengguna jasa dari pusat perbelanjaan di Kota Tangerang (TangCity Mall) langsung menuju Bandara Soekarno-Hatta sebagai gerbang masuk nasional dan internasional di Kota Tangerang,” ujar Kepala Dishub Kota Tangerang, Ahmad Suhaely dalam keterangannya, Jumat, (28/7/2023).

Ia melanjutkan, saat ini Bus Tayo memiliki 4 koridor yang telah melakukan pelayanan transportasi umum di Kota Tangerang setiap harinya, meliputi koridor 1 (Poris Plawad-GOR Jatiuwung), koridor 2 (Poris Plawad-Cibodas), koridor 3 (Ciledug-TangCity Mall), dan koridor 4 (Cadas-Pintu Masuk M1 Bandara Soekarno-Hatta). Lebih lanjut, penambahan dua koridor baru (koridor 5 dan 6) tersebut diharapkan mampu meningkatkan pelayanan Bus Tayo menjadi kian optimal.

“Sedangkan untu koridor baru lainnya, yakni koridor 6 (circle/integrasi) merupakan koridor atau rute yang menyambungkan antara koridor satu dengan koridor lainnya. Serta, berfungsi mengoptimalkan layanan yang mengintegrasikan semua koridor yang ada dengan berbagai moda transportasi lainnya yang ada di Kota Tangerang,” lanjutnya.

Selain itu, berdasarkan data yang telah dihimpun Dishub Kota Tangerang, data jumlah penumpang Bus Tayo terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun (tahun 2020 mencapai 463.861, tahun 2021 mencapai 663.957, dan tahun 2022 mencapai 763.819). Bahkan, pada semester pertama tahun 2023 (Januari-Juni), telah mencapai sekitar 400 orang. Dengan adanya penambahan dua koridor baru ini, Dishub Kota Tangerang berharap dapat terus meningkatkan kualitas pelayanan dan peningkatan jumlah penumpang Bus Tayo di Kota Tangerang. (Ril/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini