Beranda Pendidikan Optimalkan Kompetensi Mahasiswa, UNSERA Langsungkan Sertifikasi Uji Kompetensi

Optimalkan Kompetensi Mahasiswa, UNSERA Langsungkan Sertifikasi Uji Kompetensi

Uji kompetensi mahasiswa Unsera. (IST)

SERANG – Dalam rangka mengoptimalkan kompetensi mahasiswa, Universitas Serang Raya (UNSERA) laksanakan sertifikasi uji kompetensi bagi mahasiswa program studi (Prodi) ilmu komunikasi dengan konsentrasi Marketing Komunikasi, Public Relation, Broadcasting & Jurnalistik, Kamis (20/7/2023). Ada beberapa bidang yang diujikan dalam proses uji kompetensi, di antaranya skema digital marketing, skema public relations officer, dan skema pengelolaan media jurnalistik siaran.

Indrianti,  Ketua Program Studi (Kaprodi) Ilmu Komunikasi komunikasi UNSERA menyampaikan bahwa dalam kegiatan ini pelatihan dilakukan sebelum assessment berlangsung. Pelatihan sendiri berfungsi memberikan pembekalan terkait hal-hal yang mungkin menjadi asesi. Memastikan para peserta mempersiapkan kompetensinya masing-masing melalui pembelajaran di kelas, praktik dan pelatihan serta dapat menjelaskannya dengan baik di hadapan asesor.
“Uji kompetensi ini bertujuan membentuk mahasiswa yang siap untuk terjun ke dalam dunia kerja dengan kualitas yang unggul di mana dalam prosesnya para peserta akan diuji kelayakannya sesuai dengan konsentrasinya masing-masing” tutur Indrianti.

Mahasiswa Unsera mengikuti uji kompetensi. (IST)

Indrianti juga menegaskan bahwa kegiatan sertifikasi uji kompetensi ini memberikan  pemahaman agar mahasiswa dapat membentuk daya saing yang kuat serta mengembangkan keterampilan dan profesionalitas di dunia kerja.
Adapun pelaksanaa uji kompetensi untuk peserta dengan konsetrasi PR & Marketing Komunikasi yang berjumlah 72 orang berlangsung di Gedung A Universitas Serang Raya yang dimulai dengan pelatihan pada tanggal 18 Juli 2023 dan assessment pada tanggal 20 Juli 2023. Sedangkan peserta dengan konsentrasi Broadcasting & Jurnalistik menggelar proses uji kompetensi di Universitas Islam Bandung, bersama dengan Lembaga Sertifikasi Kompetensi Unisba (LSPU). Materi yang diujikan pada peserta Broadcasting & Jurnalistik dengan jumlah 50 orang terdiri atas 5 materi antara lain, fotografi, program televisi, presenter, siaran radio, dan multimedia.

Sebelumnya, ketua pelaksana sertifikasi uji kompetensi UNSERA, Siska dan Media menerangkan bahwa kegiatan ini sangat diminati oleh para peserta karena jumlah pendaftar dan peserta dalam kegiatan ini cukup banyak tetapi terbatasi oleh ketetapan panitia perihal kuota peserta yang tersedia. Siska mengatakan bahwa kegiatan ini terselenggara atas kerjasama dengan lembaga sertifikasi profesi bidang komunikasi UNSERA.

“Kami berharap dengan adanya sertifikasi uji kompetensi ini tentunya meningkatkan kompetensi peserta, dan ini akan menjadi pembelajaran bagaimana kelak mereka bisa bersikap profesional dalam pekerjaan,” ucapnya.

Media berharap dengan adanya sertifikasi uji kompetensi inj peserta dapat menemukan keterampilan mereka, serta memaksimalkan diri dalam setiap kemampuan yang ingin mereka kembangkan. (Red)

.

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini