Beranda Advertorial Optimalisasi Pelayanan, Hasbi Sidik : Limpahkan Kewenangan ke Kecamatan dan Kelurahan

Optimalisasi Pelayanan, Hasbi Sidik : Limpahkan Kewenangan ke Kecamatan dan Kelurahan

Wakil Ketua I DPRD Cilegon, Hasbi Sidik berdialog dengan Camat dan Lurah di Kecamatan Grogol. (Ist)

CILEGON – Wakil Ketua I DPRD Cilegon, Hasbi Sidik menilai pemerintah daerah sebaiknya dapat lebih meningkatkan tugas dan fungsi Kelurahan dan Kecamatan selain dari kewajibannya sebagaimana yang sudah ditentukan guna optimalisasi penyelenggaraan pelayanan ke masyarakat.

“Yah kalau bisa Kelurahan dan Kecamatan itu ditambah lah kewenangannya. Tidak seperti sekarang, contohnya jabatan Kasie Ekbang tapi pekerjaannya cuma mengurus Musrenbang, Monev, Salira dan Pokmas doang. Misalnya ada jalan lingkungan yang cuma bolong-bolong, cukuplah kewenangannya itu dilimpahkan ke Kecamatan. Atau cuma urusan persampahan, bisa dilimpahkan ke Kelurahan untuk menangani kewenangan itu,” ujar Hasbi, Jumat (25/11/2022).

Menurut Wakil Ketua I DPRD Cilegon, Hasbi Sidik bahwa pelayanan publik akan lebih optimal melalui pelimpahan kewenangan ke Kelurahan dan Kecamatan. (Ist)

Menurut Hasbi, tanpa harus menimbulkan tumpang tindih kewenangan, kinerja birokrasi sejatinya lebih mempermudah penyelenggaraan pelayanan ke masyarakat, bukan sebaliknya.

“Bagi saya ini penting dan perlu, agar pelayanan ke masyarakat itu dapat lebih efektif dan efisien. Intinya berbagi tugas melalui pelimpahan kewenangan, terutama pelayanan yang masih dapat terjangkau oleh Kelurahan dan Kecamatan. Dengan begitu juga kan secara otomatis dapat mengurangi beban dinas yang padat, jangan ini Kelurahan cuma ngurusi RT doang,” paparnya.

Wakil Ketua I DPRD Cilegon, Hasbi Sidik berharap adanya peningkatan produktivitas kinerja Kelurahan dan Kecamatan. (Ist)

Dengan adanya beberapa pelimpahan kewenangan pelayanan seperti tersebut di atas, lanjut Hasbi, maka dinilai perlu pula adanya penyesuaian anggaran operasional bagi Kelurahan dan Kecamatan.

“Maka perlu juga lah adanya penambahan anggaran untuk Kelurahan dan Kecamatan,” tutup Hasbi.

(Advertorial)