Beranda Kampus Optimalisasi Bahan Baku Detergen Pencuci Piring untuk Tingkatkan Income UMKM di Kelurahan...

Optimalisasi Bahan Baku Detergen Pencuci Piring untuk Tingkatkan Income UMKM di Kelurahan Pakuhaji Tangerang

PKM Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang

Karya : PKM Mahasiswa Teknik Industri Universitas Pamulang

Pada Minggu dan Senin 30-31 Mei 2021, telah dilaksanakan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) oleh mahasiswa program studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Pamulang. PKM yang berjerjudul “Optimalisasi Bahan Baku Detergen Pencuci Piring Untuk Meningkatkan Income UMKM Masyarakat Desa Pakuhaji” sukses berjalan dengan lancar. Kegiatan PKM ini dibimbing langsung oleh Bapak Rusmalah S.T, M.T selaku dosen dan dilaksanakan oleh mahasiswa/i Fakultas Teknik Universitas Pamulang sebagai pemateri.

Peningkatan kesejahteraan sosial dapat dilakukan dengan berbagai pendekatan, salah satunya dengan cara memberdayakan masyarakat. Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan Ibu-ibu PKK di Kelurahan Pakuhaji, kecamatan Pakuhaji, Kabupaten Tangerang, melalui pelatihan  dan pendampingan produksi detergen cuci piring. Selama kegiatan berlangsung, respon dari pihak kelurahan dan Ibu – ibu PKK kelurahan Pakuhaji sangat antusias dalam melakukan program ini. Walaupun  dengan adanya pandemi Covid-19 tetapi sosialisasi secara langsung bisa berjalan lancar dengan menerSapkan upaya Protokol Kesehatan.

Dengan adanya program dari mahasiswa dalam membuat suatu produk yaitu detergen pencuci piring, maka Ibu – ibu PKK diharapkan mendapatkan pengetahuan mengenai pembuatan detergen cuci piring yang digunakan setiap harinya dan diharapkan mampu melakukan praktek pembuatan detergen pencuci piring sebagai referensi untuk membuka peluang UMKM kelurahan Pakuhaji. Terlebih saat pandemi Covid-19 saat ini, Ibu – ibu PKK dapat berwirausaha membantu pendapatan rumah tangga dengan memproduksi sendiri detergen pencuci piring dalam skala besar.

Untuk mencapai tujuan ini, tim PKM Program Studi Teknik Industri telah memberikan konseling, pelatihan dan bantuan kepada Ibu-ibu PKK dalam memproduksi detergen pencuci piring. Terutama pembekalan tentang bahan baku dan konsep optimalisasi guna mendapatkan material dengan budget seminim mungkin dan mencapai  income yang memuaskan. Ibu-ibu PKK juga diberikan pelatihan tentang Design, pengemasan produk dan teknik pemasaran produk detergen pencuci piring. Selain itu Ibu – Ibu PKK diberikan kuesioner untuk penilaian terhadap penyuluhan dari materi yang diberikan. Hasil dari kuesiner hampir seluruh responenden memberikan tanggapan yang positif dan memuaskan.

Pelatihan ini adalah salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan dimana bahan dasar untuk pembuatan detergen pencuci piring sangatlah mudah didapatkan. Bahan baku detergen pencuci piring dapat dibeli di toko kimia atau melalui online shop yang biasanya banyak menjual bahan baku secara paketan lengkap dengan panduan pembuatannya.

Adapun Bahan-bahan tersebut antara lain, yaitu : sodium sulfat, STPP, texapon, camperland, parfum grade A, pewarna makanan, EDTA, NaCl, aquades, fixcative dan alat-alat pendukung lainnya seperti tong berkapasitas 20 liter, ember, pengaduk kayu, gayung, gelas ukur untuk mengukur campuran aquades, masker untuk digunakan saat produksi, kain lap, kemasan takaran 1 liter dan 5 liter, Kemasan botol plastik, corong dan label yang sudah didesign sesuai dengan varian detergen pencuci piring yaitu aroma orange, lime squash dan strawberry.

Pada kegiatan PKM ini turut dihadiri oleh kepala Kelurahan Pakuhaji yang ikut berpartisipasi dalam mempraktekkan produksi detergen pencuci piring dari proses pencampuran bahan dan proses pengadukan hingga menjadi produk detergen pencuci piring.

Setalah melakukan penyuluhan, kami dari perwakilan dosen dan mahasiswa  memberikan plakat dan cindera mata hasil produksi yaitu detergen cuci piring kepada Kepala Kelurahan Pakuhaji, Staff Kelurahan serta Ibu – ibu PKK kelurahan Paku Haji.

Berdasarkan hasil evaluasi ternyata banyak Ibu-ibu PKK termotivasi untuk memproduksi detergen pencuci piring guna digunakan sendiri bahkan ada yang berkeinginan untuk dipasarkan sehingga dapat memberikan mata pencaharian baru bagi mereka yang berminat untuk secara mandiri membuat detergen pencuci piring. Keinginan besarnya untuk memproduksi detergen pencuci piring guna dipasarkan telah menjadi indikator yang sangat baik akan keberhasilan dari program PKM oleh tim pengabdian mahasiswa Universitas Pamulang.

(***)
 

 

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini