Beranda Pemerintahan OPD Pandeglang Diminta Buat Program Sesuai Visi Misi dan RPJMD

OPD Pandeglang Diminta Buat Program Sesuai Visi Misi dan RPJMD

sosialisasi tata cara penyusunan LPPD Kabupaten Pandeglang di Oproom Setda, Senin (16/12/2019) - foto istimewa

PANDEGLANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Pandeglang, Pery Hasanudin meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) serius dalam membuat sebuah program kegiatan maupun pelaporan.

Sebab, hal ini, kata Pery, akan mempengaruihi jumlah skor pada evaluasi Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD). Untuk itu ia meminta OPD membuat program lebih mengacu kepada visi misi kepala daerah.

Demikian disampaikan Sekda saat membuka sosialisasi tata cara penyusunan LPPD Kabupaten Pandeglang di Oproom Setda, Senin (16/12/2019).

Dikatakan Pery, pemerintah pusat sangat tepat telah membuat sebuah penilaian terkait LPPD yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah. Dengan begitu, kata Pery, akan timbul sebuah motivasi agar dapat melaksanakan penyelenggaraan pemerintah kearah yang lebih baik.

“Jumlah nilai atau skor yang diberikan kepada daerah atas evaluasi LPPD itu penting, untuk itu perencanaan harus selaras dengan pelaksanaan kegiatan yang dilaksanakan,” ungkapnya melalui siaran tertulis.

Pery menjelaskan, penyelenggaraan pemerintah daerah merupakan rangkaian pelaksanaan urusan pemerintah yang menjadi kewenangan pemerintah daerah, dalam melaksanakan program kegiatan yang tertuang dalam Rencana Kerja Jangka Menengah Daeeah (RPJMD).

“Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), Rencana Strategis (Renstra), Rencana Kerja (Renja), Rencana Kegiatan Anggaran (RKA) dan Dokumen Pengunaan Anggaran (DPA). Untuk itu saya minta program kegiatan selain melihat outcome juga mengacu kepada visi dan misi Bupati Pandeglang,” harapnya.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Kabupaten Pandeglang Agus Riyanto mengatakan, hasil sementara pelaksanaan evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintah yang dilakukan oleh provinsi dan pusat atas LPPD Pandeglang tahun 2018 skornya 3,1551. Kata Agus, jumlah tersebut memang termasuk sangat tinggi dibanding tahun sebelumnya.

“Namun capaian tersebut terbilang masih rendah jika melihat dari indeks penyelenggaraan pemerintah yang telah ditetapkan pemerintah pusat, karena semua Kabupaten dan Kota mulai menyadari betapa pentingnya peningkatan terhadap penyelenggara.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini