Beranda Pendidikan Ombudsman Banten Sebut PPDB Rawan Penyelewengan

Ombudsman Banten Sebut PPDB Rawan Penyelewengan

Ilustrasi - foto istimewa

SERANG – Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Banten melakukan kunjungan ke Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten dalam rangka tindak lanjut laporan masyarakat dan membahas persiapan Pemerintah Provinsi Banten menjelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA/sederajat Tahun 2021.

Kepala Keasistenan Pemeriksaan Laporan Ombudsman Banten, Zainal Muttaqin, bersama Asisten Ombudsman bidang pemeriksaan Harri Widiarsa, Sirojudin, dan Rizal Nurjaman diterima oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, Tabrani.

Dalam pertemuan itu, Kepala Keasistenan Pemeriksaan Laporan Ombudsman Banten, Zainal Muttaqin
mengungkapkan substansi yang kerap dilaporkan maupun menjadi temuan Ombudsman pada setiap pelaksanaan PPDB, diantaranya berkaitan dengan penyalahgunaan wewenang, penyimpangan prosedur, permintaan imbalan, dan lain-lain yang membuat PPDB berjalan tidak berjalan secara adil dan objektif sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

Berkaca pada penyelenggaraan PPDB 2 tahun terakhir dan beberapa perubahan regulasi PPDB yang termaktub dalam Permendikbud Nomor 1 Tahun 2021. Ia menekankan pentingnya persiapan dan sinergi para pemangku kepentingan pada penyelenggaraan PPDB SMA/sederajat di Provinsi Banten.

“Termasuk, kata Zainal, penyusunan sistem, regulasi, juklak-juknis, serta sosialisasi dan edukasi publik yang optimal,” ujarnya melalui siaran pers, Minggu (28/2/2021).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten, Tabrani mengatakan pihaknya ini telah mempersiapkan sistem PPDB dengan memanfaatkan teknologi informasi untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan PPDB dan meminimalisir pelanggaran sebagai bagian memberikan layanan yang lebih baik kepada masyarakat, khususnya pada calon peserta didik/orangtua.

“Sistem ini sudah teruji dan berjalan dengan baik. Saya berencana pada PPDB tahun ini bisa diimplementasikan bagi seluruh satuan Pendidikan di bawah Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten. Saya optimis dengan dukungan seluruh pihak,” ujar Tabrani.

Dalam pertemuan tersebut Tabrani juga sempat menunjukkan dan memaparkan kepada Tim Ombudsman Banten sistem yang tengah dipersiapkan untuk PPDB tahun ini.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini