Beranda Gaya Hidup Olahraga Ringan Ini Dipercaya Bisa Bikin Otak Sehat

Olahraga Ringan Ini Dipercaya Bisa Bikin Otak Sehat

Ilustrasi - foto istimewa doktersehat.com

Tidak perlu melakukan olahraga berat. Olahraga ringan seperti berjalan kaki atau menari, juga mendatangkan berjuta manfaat untuk kesehatan otak. Otak yang sehat, ditambah jantung yang sehat pula karena rutin beraktivitas fisik bisa mencegah kita terhindar dari stroke.

Menari, misalnya. Konsultan Senior dari National Neuroscience Institute (NNI) Singapore, Dr Simon Ting, mengatakan, seseorang yang rajin menari akan mempelajari gerakan atau langkah-langkah baru. Itu secara tidak langsung menstimulasi otak untuk selalu bekerja.

NNI pernah melakukan sebuah percobaan terhadap sejumlah kecil pasien Alzheimer. Penelitian dilakukan dengan melibatkan klub dansa. Hasil akhirnya, pasien merasa kesejahteraan hidupnya meningkat.

Selain itu, lanjut Simon, mempelajari kosa kata baru setiap hari mendatangkan efek positif pada otak. Sebab, kita sendiri yang menumbuhkan kebiasaan belajar terus-menerus, sehingga otak dalam keadaan aktif.

“Jika tidak, jalan cepat atau berjalan di treadmil bermanfaat juga untuk otak,” kata Simon seperti dikutip dari merdeka.com.

Selain untuk menyehatkan otak, menari juga dapat menguatkan otot serta menjaga berat badan. Metabolisme yang meningkat setelah menari berfungsi untuk menurunkan berat badan. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini