Beranda Kesehatan Olahraga Pagi Dipercaya Cocok Menurunkan Berat Badan

Olahraga Pagi Dipercaya Cocok Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi - foto istimewa ivoox.id

Untuk melakukan kegiatan fisik seperti olahraga, sebenarnya tidak ada peraturan baku mengenai waktu tertentu untuk melakukannya yang dianjurkan.

Pasalnya, kapanpun berolahraga maka kamu akan mendapatkan manfaatnya berupa kebugaran fisik.

Akan tetapi ada sebuah anjuran untuk kamu yang sedang ingin menurunkan berat badan, yaitu melakukan olahraga di pagi hari.





Olahraga di pagi hari disebut-sebut paling efektif dibandingkan di waktu lainnya.

“Tetapi saya orangnya sulit untuk bangun pagi, gimana dong?”

Menjadi morning person memang tidak mudah. Terkecuali jika sudah kebiasaan bangun pagi, maka bangun pagi-pagi tidak akan sulit dijalani. Namun semua akan terbayar dengan semua manfaat yang kamu rasakan.

Dilansir Popmama.com berikut alasan mengapa olahraga pagi cocok untuk kamu yang sedang diet. Yuk, ikuti tips menurunkan berat badan dengan olahraga dengan beberapa hal berikut ini.

1. Lebih fokus di pagi hari

Jika kamu suka nge-gym, datanglah di pagi hari supaya hasil yang kamu rasakan lebih maksimal. Ditambah lagi, pengunjung gym di pagi hari biasanya lebih sepi ketimbang di sore atau malam hari.

Jadi kamu akan lebih fokus dalam mengatur intensitas dan durasi latihan. Selain ke gymkamu juga bisa melakukan beberapa macam olahraga lain, namun yang ringan-ringan saja.

2. Komposisi hormon lebih ideal

Perlu diketahui bahwa saat pagi hari hormon testosteron akan lebih aktif. Jangan salah, hormon ini bukan hanya berperan sebagai hormon seksual saja, namun juga ikut andil dalam pembentukan massa otot.

Membesarkan otot juga akan berpengaruh pada kelancaran metabolisme tubuh, lho. Jadi kamu lebih mudah menurunkan berat badan.

3. Tidak banyak godaan

Saat anak mama tidak ada di rumah, ini waktunya untuk Mama fokus pada diri sendiri!

Musuh utama olahraga di pagi hari adalah sulit bangun karena rasa kantuk. Tetapi kamu masih bisa mengusirnya dengan meminum kopi atau the hangat.

Setelah itu kamu bisa langsung melakukan pemanasan dan gerakan-gerakan olahraga yang akan menaikkan denyut jantung. Dengan begitu rasa kantuk segera pergi.

Berbeda dengan olahraga di sore atau malam hari, biasanya akan muncul banyak masalah tak terduga yang mengganggu fokus latihan kamu.

4. Lebih banyak membakar kalori

Banyaknya kalori yang terbakar untuk menurunkan berat badan dipengaruhi oleh laju metabolisme. Sementara itu, laju metabolisme juga dipengaruhi oleh berbagai hal seperti tingkat aktivitas fisik misalnya.

Beberapa pakar olahraga mengatakan bahwa laju metabolisme dapat ditingkatkan jika kamu berolahraga di pagi hari.

Durasi yang efektif untuk olahraga di pagi hari sekitar 30 menit sampai satu jam, tentunya tidak menyita terlalu banyak waktu kamu.

Rajin bangun di pagi hari mungkin awalnya akan terasa sulit untuk kamu yang tidak terbiasa. Tetapi beberapa penelitian telah membuktikan bahwa lama kelamaan kamu akan lebih bersemangat olahraga jika sudah merasakan manfaatnya.

5. Memberika kebahagiaan dalam tingkatan yang lebih

Ketika kamu berusaha bangun pagi, kamu berangkat ke suatu tempat untuk melakukan olahraga bersama-sama atau melakukan olahraga di tempat dan peralatan yang kamu kehendaki, maka ini akan membawa kesenangan lebih untuk diri kamu.

Kamu akan merasa kebahagiaan dalam tingkatan atau level yang lebih tinggi. Kamu juga bisa tersenyum di pagi hari. Di sini kamu akan mendapat energi untuk melakukan olahraga dengan penuh semangat dan olahraga ini efektif untuk menurunkan berat badan.

Demikian penjelasan tentang alasan mengapa olahraga di pagi hari efektif untuk menurunkan berat badan. Selamat berolahraga dan semoga hasilnya maksimal. (Red)