Beranda Kesehatan Olahraga 2 Kali Sehari Dipercaya Jauh Lebih Baik!

Olahraga 2 Kali Sehari Dipercaya Jauh Lebih Baik!

Ilustrasi - foto istimewa ivoox.id

Olahraga secara rutin, meski hanya olahraga ringan sekalipun seperti jalan sehat atau jogging, sangat bermanfaat untuk melatih otot, serta menjadikan tubuh lebih bugar dan sehat.

Oleh karena itu, kita harus lebih rajin dalam berolahraga. Namun, biasanya orang-orang melakukan olahraga hanya sekali dalam sehari. Padahal faktanya, berolahraga dua kali dalam sehari jauh yang selama ini dianggap berlebihan, malah jauh lebih baik bagi tubuh.

Seperti dilansir dari cakapcakap.com, otot tubuh pun benar-benar dapat meningkatkan massa dan kekuatan dari waktu ke waktu saat dilatih atau berolahraga dua kali dalam sehari.

“Setiap kali kamu berlatih, kamu memberikan tubuh dengan stimulus yang mempromosikan sintetis protein lebih besar dan adaptasi otot,” ungkap Kepala Terapi Fisik di All Sports Physical Theraphy Dr Paul Mostoff.

Namun, tentu saja tetap memerhatikan beberapa hal, terutama jika kamu belum terbiasa.

Jangan lupa memberikan tubuh waktu istirahat cukup di antara dua sesi olahraga dalam sehari.

Menurut pelatih Mike Donavanik, sebagai permulaan mungkin tidak harus langsung melakukan dua kali olahraga secara intens setiap hari. Kebiasaan ini sendiri bisa dimulai dengan melakukan setengah latihan di pagi hari, dan sisanya di sore atau malam hari, agar membantu memberikan istirahat yang pada tubuh.

Durasinya sendiri cukup selama 30 menit di setiap sesi. Setelah menyelesaikan latihan pertama, lalu beristirahat beberapa jam, tubuh pun akan pulih kembali pada level ketahanan awal.

Jika terlalu dipaksakan dalam durasi yang lebih lama, karena tubuh belum terbiasa, maka otot akan terasa lebih cepat lelah. Karena, latihan akan meningkatkan detak jantung, sirkulasi, dan aliran darah ke otot, serta berkeringat.

Selain itu, gerakan tubuh juga akan terasa lebih lamban daripada biasa. Hal lain yang perlu diperhatikan, tidak disarankan untuk melakukan latihan yang sama dalam kedua sesi. Karena, ada kemungkinan tubuh akan mengalami latihan berlebih dan tubuh terasa terbakar.

“Memberi perhatian khusus pada pemanasan tepat, hidrasi, tidur, nutrisi, cukup istirahat di antara latihan di hari yang sama [sekitar empat sampai lima jam], akan menghindari latihan berlebih [over training],” tambah Mostoff menjelaskan. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini