Beranda Pemerintahan Oknum ULP Diduga Kendalikan Calon Pemenang Lelang Proyek

Oknum ULP Diduga Kendalikan Calon Pemenang Lelang Proyek

151
0

PANDEGLANG – Salah seorang kontraktor peserta lelang di Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kabupaten Pandeglang menuding ada oknum ULP yang mengatur calon pemenang peserta lelang setiap kali ULP melakukan lelang paket pekerjaan.

Direktur PT Selaras N Maura, Samsidar mengatakan, berdasarkan data yang ia miliki dirinya meyakini setiap lelang proyek yang dilakukan oleh ULP hanya perusahaan tertentu yang memenangkan lelang proyek.

“Kalau perusahaan-perusahaan itu masuk dilelang paket manapun sudah pasti menang, jadi hanya bergantian saja kalau yang satu menang yang satu mundur begitu juga sebaliknya, dimana suasana dirasa kondusif dia akan naikkan penawaran di harga tertinggi tapi jika kondisi tidak kondusif dia akan mundur di penawaran harga terendah,” tegas pria yang akrab dipanggil Sam ini, Rabu (25/7/2018).

loading...

Sam meyakini tahapan kecurangan ini dilakukan pada tahap evaluasi yang dilakukan oleh ULP. Ia mencontohkan satu kasus dimana ada dua peserta lelang proyek yang lulus kualifikasi dan tidak dinyatakan gagal, namun ULP malah memenangkan penawaran tertinggi. Padahal seharusnya penawaran terendahlah yang mesti jadi pemenang.

“Pasti pada tahap evaluasi Pokja ULP, mana mungkin data bisa berbicara sendiri kalau tidak ada yang mengelola, ini hasil olahan dari Pokja ULP, tidak mungkin data kalau tidak diolah (oleh oknum ULP-red) bisa jadi pemenang-pemenang, yang jelas mereka by order. Salah satu contoh kasus, ada apa dia memenangkan penawaran tertinggi padahal di keterangannya keduanya lulus tapi kenapa harga tertinggi yang dimenangkan,” pungkasnya.

Hingga berita ini diturunkan, wartawan masih berusaha meminta konfirmasi dari pihak terkait. (Med/Red)