Beranda Kesehatan ODP di Kabupaten Tangerang Diisolasi di Gedung Setara Hotel Bintang 3

ODP di Kabupaten Tangerang Diisolasi di Gedung Setara Hotel Bintang 3

383
0
Gedung Griya Anabatic. (Ist).

 

KAB TANGERANG – Gedung dengan setara hotel bintang tiga akan jadi tempat khusus penanganan kasus virus Corona atau Covid-19 di wilayah Kabupaten Tangerang.

Gedung Griya Anabatic yang berada di Kecamatan Kelapa Dua, Tangerang, dipilih pemerintah setempat menjadi pusat perawatan untuk kasus orang dalam pemantauan atau ODP Covid-19.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hery Heriyanto, menuturkan gedung yang setara dengan hotel bintang tiga itu direncanakan akan beroperasi dalam dua minggu mendatang.

“Peruntukan gedung Griya Anabatic merupakan langkah pemerintah untuk memusatkan segala kegiatan penanganan Covid-19 terhadap ODP,” kata Hery melalu pesan singkatnya, Senin (30/32020).

Hery mengungkapkan, keputusan itu diambil agar dapat menekan angka penyebaran penyakit itu dan ODP dapat lebih fokus melakukan isolasi mandiri.

“Tidak menutup kemungkinan, bila setiap kasus ODP yang dibiarkan tanpa penanganan khusus di satu tempat, dapat meningkat menjadi pasien dengan pengawasan atau PDP. Apalagi, situasi saat ini wabah itu meluas di wilayah Kabupaten Tangerang,” terang Hery

“Kita fokus menangani pasien ODP di sana dan akan dilakukan sesuai protap yang ada, seperti ada tenaga medis ataupun penjagaan TNI-Polri. Untuk pasien positif dan PDP tetap menjalani perawatan di rumah sakit,” sambungnya.

Dibeberkan Asisten Daerah 1 Kabupaten Tangerang ini, gedung tersebut pun memiliki kapasitas kamar yang cukup banyak dengan total 192 kamar. Kemudian, fasilitas yang dimiliki pun cukup lengkap seperti sarana untuk berolahraga.

“Di gedung itu ada 192 kamar, untuk mekanismenya masih kita rapatkan. Apakah satu kamar diisi oleh dua orang atau lebih, itu masih dirapatkan,” ucapnya.

Di gedung itu juga ada sarana olahraga yang lengkap, sehingga orang yang masuk dalam status ODP bisa menjalani hidup sehat dengan pemantauan tenaga medis.

Pemilihan gedung itu pun sudah melalui beberapa tahap, seperti melakukan rapat dan koordinasi dengan beberapa ahli hingga akhirnya dinyatakan layak diperuntukkan sebagai penanganan Corona.

“Itu hasil dari rekomendasi oleh beberapa ahli kesehatan. Jadi aman tentunya,” ungkapnya.

Untuk diketahui, tercatat sementara saat ini kasus ODP di Kabupaten Tangerang sebanyak 185 kasus, PDP berjumlah 67 kasus dan positif Covid-19 sebanyak 18 kasus.

(Tra/Ren/Red)