Beranda Peristiwa Objek Vital PLTU Suralaya Dijaga Ketat Pasukan Khusus

Objek Vital PLTU Suralaya Dijaga Ketat Pasukan Khusus

Pasukan Khusus Pengamanan PLTU Suralaya

CILEGON – PT Indonesia Power dan Pantai Reklamasi PT Indo Raya Tenaga, di Kelurahan Suralaya, Kecamatan Pulomerak, Kota Cilegon, Provinsi Banten, melaksanakan kegiatan latihan gabungan dan kesiap- siagaan penanggulangan terorisme Satgultor TNI 2020.

Kegiatan itu bertema ‘Satgultor TNI melaksanakan penanggulangan aksi teroris dalam masa pandemi Covid-19 untuk lumpuhkan dan hancurkan kelompok teroris guna memelihara stabilitas keamanan di wilayah DKI Jakarta, Banten dan sekitarnya dalam rangka mendukung tugas pokok TNI’.

Kegiatan diikuti 400 orang dan dipimpin Brigjen TNI Mar Widodo, Pjs Komandan Komando operasi khusus TNI.

Dirut PT Indonesia Power, M. Ahsin Sidqi mengapresiasi latihan yang telah dilaksanakan oleh Koopssus di pembangkit Jawa-Bali itu. Dia berharap kegiatan ini menjadi bahan pengalaman bagi perusahan. Sebab, antisipasi sangat penting bila dilihat dari letak dan lokasi termasuk dalam kawasan Objek Vital Nasional.

“Saya mohon maaf dengan keadaan dan situasi dimasa Pandemi ini walaupun kita tidak bisa bersalaman semoga tidak membuat dan mengurangi rasa silaturahmi kita menjadi terganggu. Ini merupakan kado ulang tahun bagi kami PT Indonesia Power ke-75,” ujarnya.

Pihaknya juga meminta kepada TNI bila ada kejadian yang mengganggu perusahan agar dilakukan pengamanan.

“Seandainya ada gangguan atau hal yang tidak diinginkan kami sangat meminta bantuan, dan sudah menjadi tekad kami PT Indonesia power dalam situasi apapun dan dalam keadaan bagaimanapun untuk listrik agar tetap menyala dan jangan sampi padam,” katanya.

Sementara, Mayjen TNI Richard T.H Tampubolon, Komandan Koopssus TNI mengatakan bahwa Koopssus TNI seharusnya melaksanakan kegiatan latihan di Maret.

“Itu sudah direncanakan semuanya, tetapi karena situasi Covid -19 segala kegiatan yang dibatasi maka kami mundurkan untuk kegiatanya, namun tetap dengan menggunakan protap kesehatan yang penting dalam tahapan-tahapan dalam kegiatan latihan tetap terlaksana,” ujarnya.

“Koopssus melaksanakan latihan di PT.Indonesia power Ini karena PT. Indonesia Power masuk dalam kawasan objek nasional yang dalam hal ini mempunyai daya Vital yang tinggi dalam membangun Indonesia, terutama dalam bidak kelistrikan yang merupakan penerang dan mengendalikan listrik Jawa – Bali ini merupakan hal yang sangat pokok untuk berlatih disini,” lanjut Richard.

Richard meminta kepada pihak PT. Indonesia Power tak ragu jika ada gangguan atau hal yang urgenz yang bisa dikomunikasikan kepada pihaknya.

“Kami mendengar ada kasus pada tanggal 4 Agustus terjadi Blackout, bayangkan kalau sampai terjadi cadangan listrik yang bisa terhenti, karena semua kehidupan sekarang bergantung kepada listrik. Koopssus memang baru tetapi kami merupakan pasukan yang sudah terlatih dari 3 matra yang sudah terbentuk menjadi satuan Koopssus, yang siap digerakan pada waktu kapanpun dan dimanapun dalam penugasan khusus di wilayah
seluruh Nusantara,” tegas Richard.

Kegiatan latihan puncak Satgultor TNI dilaksanakan dalam rangka penanggulangan aksi teroris dalam masa pandemi Covid-19 yang bertujuan untuk melumpuhkan dan mengancurkan kelompok teroris guna memelihara stabilitas keamanan di wilayah DKI Jakarta, Banten dan sekitarnya dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

“Kegiatan latihan ini untuk mengasah kemampuan personil Satgultor TNI dalam melaksanakan penanggulangan aksi terorisme dalam masa dan situasi pandemi Covid 19. Dalam latihan ini di ikuti dengan Boksos kepada masyarakat dari Mabes TNI,” imbuhnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini