Beranda Bisnis Nyeberang Lewat Pelabuhan Merak Bibit Porang Diperiksa Ketat

Nyeberang Lewat Pelabuhan Merak Bibit Porang Diperiksa Ketat

Benih Porang Asal Kabupaten Bogor - foto istimewa

CILEGON – Porang merupakan umbi yang kini jadi primadona ekspor komoditas pertanian. Budidaya tanaman terus dilakukan hingga ke berbagai penjuru nusantara.

Seperti saat ini, 550 kg benih porang asal Cobinong Kabupaten Bogor tujuan Kabupaten Bangka menyebranggi Pelabuhan Merak – Bakauheni. Sebelum memasuki pelabuhan, bibit porang telah diperiksa dan dinyatakan sehat oleh Karantina Pertanian Cilegon.

Menurut Andi Setiawan, Pemeriksa Karantina Tumbuhan benih porang yang diperiksa berasal dari bulbil yang merupakan umbi generatif yang tumbuh pada pangkal daun.

“Bulbil untuk benih berasal dari tanaman yang sudah tua dengan warna daun menguning, daun dan tangkai daun layu, serta benih mudah dilepas. Pada tanaman yang masih segar, bulbil menempel lebih kuat dan kurang baik untuk dijadikan benih,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Minggu (4/7/2021).

Sementara itu, Arum Kusnila Dewi, Kepala Karantina Pertanian Cilegon menyebutkan bahwa Karantina akan memastikan benih bebas organisme penggangu tumbuhan karantina (OPTK) dan juga mutu benih tersebut.

(Man/Red)