Beranda Kesehatan Nutrisi yang Dibutuhkan untuk Tumbuh Kembang Anak

Nutrisi yang Dibutuhkan untuk Tumbuh Kembang Anak

Ilustrasi - foto istimewa kumparan.com

Orangtua perlu memberikan nutrisi yang tepat agar si kecil bisa tumbuh dan berkembang secara optimal dan bisa terus berlatih untuk mengembangkan bakat-bakat yang dimilikinya.

Apa saja kira-kira nutrisi yang dibutuhkan oleh anak? Yuk simak di bawah ini seperti dilansir kumparan.com.

1. Protein

Protein berfungsi untuk membantu pertumbuhan, pemeliharaan, dan perbaikan jaringan-jaringan tubuh anak. Protein juga berperan dalam proses penyembuhan anak dari sakit. Sumber utama protein berasal dari tahu, tempe, kacang-kacangan, daging, ikan, ayam dan telur.

2. Cairan

Seperti orang dewasa, anak juga membutuhkan cairan untuk melumuri sendi-sendiri tulang dan membawa nutrisi ke seluruh bagian tubuh. Setiap harinya anak membutuhkan sekitar dua liter cairan. Dua gelas diantaranya sebaiknya adalah susu.

3. Vitamin dan Mineral

Untuk menjaga kesehatan anak secara umum, dan mendukung fungsi tubuhnya anak membutuhkan berbagai jenis vitamin dan mineral. Bahan-bahan makanan yang mengandung vitamin dan mineral, antara lain berasal dari sayuran dan buah-buahan.

4. Lemak

Lemak merupakan sumber energi yang terkonsentrasi dan memberikan dua kali lipat energi dibanding yang diperoleh anak dari karbohidrat. Lemak juga penting untuk melarutkan vitamin seperti vitamin A,D,E,K. Mengonsumsi lemak yang cukup dan sehat berperan penting untuk proses pertumbuhan fisik dan juga perkembangan otak anak. Berbagai makanan yang mengandung lemak, antara lain: susu, kacang-kacangan, alpukat, dan ikan.

5. Karbohidrat

Karbohidrat sangat dibutuhkan anak sebagai sumber energi di dalam tubuhnya. Setiap satu gram karbohidrat yang dikonsumsi anak memiliki energi empat kalori. Bahan-bahan pangan sumber karbohidrat, antara lain gandum, beras, kentang, singkong, atau gula. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini