Beranda Kesehatan Now Normal di Banten, Kasus Positif Covid-19 Tembus Seribu Lebih

Now Normal di Banten, Kasus Positif Covid-19 Tembus Seribu Lebih

Ilustrasi - foto istimewa alodoktor.com

SERANG – Menjelang tatanan kehidupan baru atau new normal di Provinsi Banten, tren kasus positif virus COVID-19 ternyata cenderung naik. Angka kasus positif COVID-19 di Banten per tanggal 11 Juni 2020 menembus angka 1.023 pasien.

Hal ini menjadi ironi di tengah gembar-gembor isu new normal ketika masyarakat kembali leluasa untuk beraktivitas di luar rumah karena kebutuhan hidup.
New normal akan menjadi buah simalakama ketika kesadaran individu untuk tetap menjaga diri kian rendah.

“Sekarang kuncinya ada pada individu masing-masing, seberapa ketat dia menjalankan pola hidup sehat dan keamanan menjaga diri dan penularan Covid-19” kata Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) wilayah Banten dr. Budi Suhendar berbincang dengan BantenNews.co.id, Kamis (11/6/2020).

Di sisi lain, Budi menyebutkan bahwa kehidupan baru juga harus didukung oleh semua elemen masyarakat baik pemerintah maupun swasta.

“Pengaturan jumlah karyawan dan pengaturan jam kerja serta pengaturan jarak atau social distancing juga harus diperhatikan dalam pelaksanaan new normal,” katanya.

Budi mewanti-wanti agar masyarakat tetap waspada terhadap penyebaran virus Covid-19. Peran tokoh masyarakat, tokoh agama juga sangat diperlukan untuk tetap tidak bosan mengimbau warga agar menjaga kesehatan.

“Kita bisa lihat dari tren jumlah kenaikan kasus, artinya (kondisi) ini belum aman. Harus saling menjaga diri, dan menjaga orang lain supaya tidak saling menularkan. Penggunaan masker menjadi wajib ketika beraktivitas di luar rumah, selalu mencuci tangan dengan sabun harus menjadi kebiasaan dalam tatanan kehidupan baru,” kata dia.

Untuk diketahui, kondisi terakhir penyebaran Covid 19 di delapan kabupaten dan kota di Provinsi Banten masih terjadi kenaikan angka penyebaran. Dua kabupaten dan kota seperti Kabupaten Lebak dan Kota Cilegon menjadi zona dengan warna jingga.

Hal itu seiring dengan penambahan jumlah kasus positif Covid-19 di dua wilayah tersebut. Di Kota Cilegon jumlah pasien positif bertambah tujuh orang menjadi 12 pasien. Lima diantaranya sembuh.

Sedangkan untuk Kabupaten Lebak terjadi sempat melonjak enam kasus baru dengan total 10 pasien dan satu orang dinyatakan sembuh. Pada kedua wilayah telah terjadi transmisi lokal penularan Covid-19 dan bertambahnya jumlah pasien.

Kota Serang menjadi daerah yang lebih dahulu naik status menjadi zona orange dengan jumlah kasus positif Covid-19 sebanyak sembilan pasien masih dirawat, tujuh sembuh dan satu orang meninggal dunia.

Sementara wilayah Tangerang Raya sudah lama menjadi zona merah penyebaran Covid-19. Tinggal Kabupaten Pandeglang yang masih menjadi zona kuning dengan jumlah kasus positif Covid-19 empat orang dirawat, dua sembuh dan satu meninggal dunia.

(You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini