Beranda Bisnis Nikmatnya Sabajo Oleh-oleh Khas Kabupaten Tangerang

Nikmatnya Sabajo Oleh-oleh Khas Kabupaten Tangerang

Sabajo Oleh-oleh Khas Kabupaten Tangerang - foto istimewa

KAB. TANGERANG – Jika kamu mampir ke Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten, belum lengkap kalau belum mencicipi kelezatan makanan khasnya. Tidak hanya objek wisatanya saja yang lengkap di wilayah ini, makanannya pun perlu  dicoba dan bisa menjadi oleh-oleh.

Salah satu yang istimewa, yakni produk kuliner Sate Bandeng Jati dan Kronjo (Sabajo). Lokasi kuliner ini ada di Jalan Raya Mauk KM 16 Pasar Jati, Desa Buaranjati, RT 04/04 Kecamatan Sukadiri, Kabupaten Tangerang.

Makanan khas ini diolah secara tradisional dengan rempah-rempah pilihan bercita rasa premium tanpa campuran lain di dalamnya. Aromanya pun istimewa.

Pemilik Gerai Sabajo, Umi Kulsum menyatakan kuliner khas ini mendapat dukungan Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) dan di bawah binaan Disporabudpar, Dinas Koperasi dan UMKM, serta Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

“Makanan khas ini berawal dari resep orang tua yang diwariskan secara turun-menurun dari beberapa generasi. Ini menjadi sumber inspirasi yang akhirnya sabajo dapat terkenal karena rasa dan teksturnya yang berbeda dari yang lain,” ucap Umi Kulsum melalui keterangan tertulis, Senin (30/8/2021).

Menurut Umi, sate di gerainya dibuat dari bandeng pilihan yang masih segar. Adapun proses pembuatannya dilakukan secara manual dan teliti, yang menghasilkan sate bandeng berkualitas.

“Ikan bandeng juga kaya manfaat. Selain mencegah penyakit jantung koroner, bandeng juga menurunkan kadar kolesterol, mengurangi risiko hipertensi, menjaga kesehatan ginjal, meningkatkan kesehatan gigi dan tulang untuk menjaga daya tahan tubuh, serta baik dikonsumsi untuk ibu hamil karena mengandung lebih banyak omega-3,” paparnya

Bagi pencinta kuliner yang ingin menikmati sabajo bisa ditemukan di toko konvensional dan online (daring), seperti pusat oleh-oleh gerai IKM Cibadak, Kecamatan Cikupa, rest area Karang Tengah Kota Tangerang, Kitamart Citra Raya Cikupa, dapur sabajo Pagedangan Udik Kronjo, dan di beberapa toko daring OLX, Tokopedia, dan juga Warung Telkom.

Menu sabajo dijual seharga Rp25.000-Rp35.000 sesuai dengan ukuran ikan. Sabajo emiliki dua varian: pedas dan original. Sabajo pernah juara 2 dalam lomba kuliner WPMI Award 2018, se-Jawa dan Bali yang diselenggarakan oleh wanita pengusaha muslimah Indonesia di Cibubur Jakarta.

(Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini