Beranda Bisnis Nikmati Cita Rasa Kopi Robusta Ciomas

Nikmati Cita Rasa Kopi Robusta Ciomas

Muhammad Salim bersama produk Kopi Dadaman asal Desa Citaman, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Serang (Foto: Nindia)

KAB. SERANG – Bagi penggemar kopi ataupun yang ingin membuka usaha kedai kopi, produk kopi robusta asal Desa Citaman, Kecamatan Ciomas, Kabupaten Serang milik Muhammad Salim (43) ini bisa menjadi salah satu pilihan.

Kopi Bubuk Dadaman adalah nama produk kopi lokal yang diproduksi oleh Salim. Ia menanam biji kopi robusta di lahan seluas sekitar 30 hektare.

Di lahan tersebut tidak hanya ditanami tanaman kopi, ada pula durian, cengkeh dan tanaman jenis lainnya. Biji kopi yang Salim tanam, ia olah sendiri menjadi dua produk yaitu kopi bubuk dan biji kopi yang sudah diroasting atau dipanggang.

“Di Desa Citaman belum ada tadinya yang menanam kopi, jadi saya berinisiatif menanam kopi itu sendiri hingga mengolahnya sendiri,” ujarnya pada BantenNews.co.id, Senin (17/5/2021).

Adapun kesulitan yang dialami oleh Salim adalah saat masa panen biji kopi.

“Kerugian yang saya alami itu tiap panen, kadang biji kopinya kurang berbuah dan juga musim-musiman. Kayak sekarang aturan udah mulai panen, tapi karena perubahan cuaca jadi baru mulai,” katanya.

Meski usaha produksi biji kopinya tergolong masih baru yaitu baru berjalan sekitar 4 bulan, namun produk yang ia jual mendapatkan respons yang bagus dari kalangan pecinta kopi.

“Banyak yang beli dari daerah Banten maupun luar Banten seperti Bogor, Bekasi, Depok, Bangka Belitung juga ada. Alhamdulillah komoditas kopi Citaman ini mendapat respons yang bagus,” lanjutnya.

Kopi bubuk yang Salim jual dibanderol dengan harga Rp15 ribu untuk ukuran 125 gram dan Rp30 ribu untuk ukuran 250 gram.
(Nin/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini