Beranda Pemerintahan Ngobrol Santai Podcast Wakil Rakyat, Andra: Selama Pandemi Kerja Dewan Tak Terganggu

Ngobrol Santai Podcast Wakil Rakyat, Andra: Selama Pandemi Kerja Dewan Tak Terganggu

SERANG – Ketua DPRD Banten Andra Soni memastikan selama pandemi Covid-19 kinerja DPRD Banten tetap berjalan. Hal itu terungkap dalam obrolan santai Podcast Wakil Rakyat di kantor BantenNews.co.id, Kamis (25/2/2021).

Dikatakan Andra, meski terdapat keterbatasan, kerja-kerja yang melekat di DPRD yaitu legislasi, penganggaran (budgeting) dan pengawasan tetap dilakukan.

“Seperti sekarang kan kita sedang reses, kita tetap bersentuhan dengan masyarakat, walau ada batasan-batasan. Karena kita juga harus mematuhi protokol kesehatan. Jadi yang kalau reses sebelumnya bisa ketemu banyak orang tapi kali ini harus dibatasi,” kata Andra.

Apalagi, kata Andra, program reses merupakan salah satu amanat Undang-undang. “Karena reses ini kan salah satu upaya menyerap aspirasi yang nantinya jadi pokok pikiran yang akan diajukan ke eksekutif dalam hal ini Pemprov Banten. Di samping itu, reses ini juga menjadi salah satu upaya melakukan pengawasan di lapangan,” katanya.

Untuk pengawasan, lanjut Andra, hal itu dilakukan melalui rapat koordinasi (rakor) dengan mitra kerja, inspeksi mendadak (sidak) dan menerima pengaduan dari masyarakat.

“Sama halnya dengan proses legislasi, kita dengan Pemprov Banyen pada akhir tahun juga telah menghasilkan sejumlah perda. Untuk budgeting kita juga membahas APBD 2021,” ujarnya.

Andra menjamin fungsi-fungsi DPRD tetap dijalankan meski terdapat keterbatasan. “Saya garansi fungsi DPRD tetap dilaksanakan,” katanya. (Mir/Red)