Beranda Sosial dan Budaya Nelayan Panimbang Bakal Gelar Tasyakuran Laut Selama Seminggu

Nelayan Panimbang Bakal Gelar Tasyakuran Laut Selama Seminggu

Manajer TPI Panimbang Encep Saepullah Waas (tengah) sedang bertemu dengan warga.

PANDEGLANG – Ribuan Nelayan di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang rencananya akan menggelar tasyakuran laut pada September 2022 mendatang. Rencananya, kegiatan itu akan digelar di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Panimbang selama seminggu.

Ketua Panitia Tasyakuran Laut, Jahidi mengatakan, kegiatan yang sudah turun temurun dilaksanakan sempat terhenti selama 4 tahun karena Pandemi Covid-19. Berdasarkan musyawarah antar nelayan dan pertimbangan pandemi Covid-19 yang sudah mulai melandai akhirnya diputuskan untuk melakukan tasyakuran laut kembali.

“Karena sudah lama, kemarin ada masukan dari kawan-kawan untuk dapat melaksanakan tasyakuran laut. Alhamdulilah, kita kumpul-kumpul akhirnya terbentuk panitia,” kata Jahidin, Selasa (17/5/2022).

Jahidi membeberkan, rangkaian kegiatan akan dimulai dengan melakukan istigosah, hiburan rakyat berupa wayang dan terakhir dilakukan ruwatan. Selain itu, diagendakan juga kegiatan donor darah, santunan anak yatim, serta menggelar pameran produk unggulan nelayan. Kegiatan tersebut bersifat situasional karena melihat dari ketersediaan alokasi anggaran.

“Acara tasyakuran akan berlangsung selama tujuh hari. Akan diikuti ribuan nelayan yang pusat kegiatannya di TPI Panimbang,” bebernya.

Ia menjelaskan, tujuan kegiatan ini adalah memohon keselamatan dan keberkahan para nelayan pada Tuhan yang maha esa. “Melaksanakan tasyakuran laut dengan tujuan menggelar doa bersama untuk kemakmuran dan keselamatan para nelayan. Serta membangun silaturahmi antar nelayan dan juga semua elemen masyarakat,” jelasnya.

Terpisah, Manajer TPI Panimbang Encep Saepullah Waas menambahkan bahwa TOI Panimbang hanya menjembatani dan memfasilitasi kegiatan masyarakat yang sudah biasa dilakukan ini.

“Acaranya bakal diikuti tokoh pemuda, tokoh nelayan dan unsur terkait. Adapun kami dari pihak pengelola TPI Panimbang hanya menjembatani sehubungan permintaan nelayan akan adanya tasyakuran laut di Panimbang,” tambahnya. (Med/Red)