Beranda Peristiwa Nelayan Pandeglang yang Tersapu Ombak Ditemukan Selamat

Nelayan Pandeglang yang Tersapu Ombak Ditemukan Selamat

Rosad (kedua dari kiri) bersama Nanang (ketiga dari kiri) dan Tim SAR Gabungan sesaat setelah berada di darat. (Foto: Memed/Bantennews.co.id)

PANDEGLANG – Rosad (36) warga Kampung Cikadu Indah RT 001 RW 001, Desa Tanjung Jaya, Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten yang hilang disapu ombak di Perairan Tanjung Lesung ditemukan selamat.

Saat ditemukan, korban berada di Bagang Tancap milik nelayan yang di sekitar Pulau Liwungan, korban ditemukan oleh Nanang seorang nelayan yang sedang mencari ikan di sekitar Pulau Liwungan pada pukul 10.30 WIB.

Nanang (38) selaku yang menemukan korban mengatakan, awalnya ia tidak mengira kalau yang melambaikan tangan padanya adalah Rosad yang hilang pada Minggu (1/11/2020) kemarin.

Dirinya berpikir orang yang melambaikan tangan itu merupakan saudaranya yang sedang berada di Bagang, namun setelah didekati ternyata orang yang tadi melambaikan tangan merupakan Rosad nelayan asal Cikadu yang dinyatakan hilang.

“Dia (korban) ketemunya karena melambaikan tangan, itu Bagang milik saudara kirain saya saudara saya mau minta tolong saya dekati dia bilang minta diantar ke Tanjung Lesung. Perahunya juga masih ada disitu (di Bagang Tancap) dengan keadaan terbalik,” terang Nanang, Selasa (2/11/2020).

Di tempat yang sama, Rosad menceritakan bagaiman kronologis dirinya bisa tersapu ombak dan berhasil menyelamatkan diri. Kata dia, awalnya perahu yang ia tumpangi mengalami mati mesin dan dihantam ombak hingga terbalik, setelah itu Rosad berusaha menyelamatkan diri dengan menggunakan perahu yang terbalik sambil mengikuti arus hingga sampai ke Bagang Tancap di Pulau Liwungan.

“Itu mati mesin terus kena ombak, perahunya kebalik habis itu saya ngikuti arus aja dan ketemu Bagang. Saya nyari orang terus ketemu pak Nanang. Itu tadi naik ke Bagang, Bagangnya kosong lagi engga ada orang, semalaman di Bagang,” jelas Nanang.

Sementara itu, perwakilan tim SAR Gabungan, Indra menyampaikan,

“Kami Tim SAR Gabungan berhasil menemukan saudara Rosad dalam keadaan selamat, sekarang kami serahkan pak Rosad pada pihak keluarganya,” kata Indra saat menyerahkan korban pada keluarganya. (Med/Red)