Beranda Peristiwa Nataru, Dirjen Hubdar Minta Masyarakat Tertib Berlalu Lintas saat Menyeberang Lewat Pelabuhan...

Nataru, Dirjen Hubdar Minta Masyarakat Tertib Berlalu Lintas saat Menyeberang Lewat Pelabuhan Merak

Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdar) pada Kementerian Perhubungan, Hendro Sugiatno saat memberikan keterangan kepada awak media - foto istimewa

CILEGON – Direktur Jenderal Perhubungan Darat (Dirjen Hubdar) pada Kementerian Perhubungan, Hendro Sugiatno mengimbau kepada masyarakat yang merayakan Natal dan tahun baru 2023 (Nataru) dengan menggunakan jalan dan melakukan penyeberangan di Merak-Bakauheni untuk mengikuti aturan dalam berkendara.

“Yang nanti akan diatur oleh petugas di jalan. Pada prinsipnya, petugas kita mengatur di jalan dan pelabuhan itu untuk keamanan dan keselamatan masyarakat kita yang merayakan Natal dan tahun baru,” ujar Hendro usai melakukan rapat Koordinasi Persiapan Nataru di Pelabuhan Eksekutif Merak, Rabu (7/12/2022).

Dalam rapat koordinasi, lanjutnya, pihaknya melakukan persiapan di jalan bagaimana rekayasa manajemen lalu lintas dan persiapan di Pelabuhan Merak dan Bakauheni. Ini dilakukan guna menerapkan sistem pergerakan penumpang naik ke kapal dengan baik.

“Jadi tujuan kami ke sini ini untuk memastikan bahwa kesiapan itu sudah dilaksanakan. Alhamdulillah hasil rapat hari ini kesiapan-kesiapan itu sudah disiapkan oleh Polda Lampung, Polda Banten serta ASDP dalam mengantisipasi nanti pergerakan masyarakat kita di Nataru,” paparnya.

Dia juga meminta masyarakat untuk melancarkan perjalanan membeli tiket kapal penyeberangan menggunakan aplikasi Ferizy.

“Jadi tidak ada penjualan tiket di pelabuhan. Jadi masyarakat yang akan menyeberang itu datang ke pelabuhan sudah membawa tiket. Kalau lewat jalan tol yang dari Jakarta nanti bisa beli atau mendapatkan tiket di KM 13 rest area, rest area KM 43 dan rest area KM 68. Untuk di jalan arteri nanti disiapkan bagi masyarakat kita untuk membeli tiket. Di Lampung juga begitu, si rest area tertentu akan disiapkan tempat pembelian tiket. Jadi tidak ada pembelian tiket di pelabuhan dan pelabuhan tidak menyediakan loket untuk membeli tiket,” ucapnya.

” Jadi belinya juga bukan berangkat hari ini beli hari ini, tapi satu minggu sebelum melakukan perjalanan itu sudah bisa membeli tiket pakai aplikasi Ferizy, minimal 3 hari sebelum berangkat sudah punya tiket. Jadi dengan harapan apabila masyarakat kita sudah membeli tiket dari tempat asalnya dapat memperlancar proses penyeberangan ke Pelabuhan Merak maupun ke Bakauheni,” lanjutnya.

(Man/Red)