Beranda Gaya Hidup Nasihat Sederhana Buat Kamu yang Ingin Sukses di Usia Muda

Nasihat Sederhana Buat Kamu yang Ingin Sukses di Usia Muda

328
0
Ilustrasi - foto istimewa IDN Times

Seusai mengenyam bangku pendidikan lantas kita tidak benar-benar ‘lulus’ begitu saja dari semuanya, justru momen itulah yang menentukan bagaimana nasib kita di masa depan.

Menjadi sukses adalah mimpi setiap orang. Entah di bidang apa dan bagaimana caranya, semua orang berlomba-lomba untuk meraih kesuksesan sedini mungkin.

Teruntuk kamu yang ingin mengenggam kesuksesan di usia muda, berikut lima nasihat sederhana yang mungkin akan berguna bagi kalian kelak.

1. Kata-katamu menentukan bagaimana masa depan akan berlangsung

Tidak bisa terhitung berapa banyak kata-kata yang bisa terucap dari bibir kita setiap harinya. Saat kamu memutuskan untuk berusaha mewujudkan kesuksesan, maka rubahlah setiap kata-kata yang terlontar dari dirimu. Jangan membuat masa depanmu hancur dengan perkataanmu sendiri, yakinkan hati bahwa kamu bisa mewujudkan ini semua.

Jauhi kata-kata negatif tentang diri sendiri dan lingkungan yang mengelilingimu dengan perkataan yang tidak mengenakkan. Sebab sesederhana apapun itu, sebuah perkataan negatif bisa menjadi awal kehancuran bagi masa depanmu.

2. Cobaan dan rintangan adalah sebuah proses yang akan mendewasakanmu

Masalah tidak pernah absen dalam kehidupan sehari-hari, hal ini terjadi pula saat kamu sedang dalam proses mencapai kesuksesan. Saat kamu mengalami masalah dan kesulitan menemukan jalan keluar, di situlah Tuhan berperan. Kamu akan dihadapkan pada suatu kondisi yang mengandung pelajaran bermakna di dalamnya. Rintangan hadir bukan untuk mematahkan dan menghentikan langkahmu, namun itu semua ada agar kamu lebih belajar serta menjadi pribadi yang kuat.

3. Rahasiakan beberapa hal tertentu

Ide kadang terlintas begitu saja tanpa kamu undang secara khusus, ide-ide yang berdatangan secara acak kadang menjadi modal bagi kita untuk meraih kesuksesan. Selagi berusaha untuk mencari cara dan merealisasikan ide tersebut, hindari untuk membeberkannya kepada orang lain. Biarkan dirimu mengatur semuanya secara matang sendiri daripada harus membagi ide itu terhadap orang lalu ditiru oleh mereka.

4. Jangan membiarkan impianmu pergi

Impian itu susah untuk didapat, namun akan lebih susah lagi mengikhlaskan itu semua berlalu begitu saja. Kuatkan niat dan tekadmu dalam meraih impian. Jika kamu ingin menjadi seorang novelis terkenal, maka teruslah menulis. Lakukan itu semua semaksimal mungkin, percaya bahwa kamu bisa mewujudkannya. Jangan meninggalkan cita-citamu begitu saja. Tapi terus kejar mereka, sebab jika kamu meninggalkannya mereka tak akan sungkan pula untuk pergi meninggalkan dari kalian.

5. Hargai setiap proses, sekecil apapun itu

Untuk bisa sukses memang tidak mudah. Ibaratnya seperti saat kita sedang menaiki anak tangga yang tak terbatas. Meskipun begitu semua tidak mustahil didapatkan jika setiap proses kalian nikmati dan hargai. Sebab apa yang kita berhasil capai hingga saat ini pernah kita harapakan sebelumnya. Lihat seberapa jauh kalian sudah melangkah, pastikan untuk terus melanjutkan perjalanan ini. Karena tidak ada yang tahu di tangga nomor berapa kesuksesanmu tersembunyi.

Memiliki mimpi adalah hak dari setiap orang, namun untuk bisa mendapatkan itu semua tergantung pada seberapa keras usaha yang kalian lakukan. Ingat selalu bahwa proses yang pahit akan menghasilkan hasil yang manis di kemudian hari. (Red)

Sumber : IDN Times