Beranda Bisnis Nasi Gonjleng Khas Cilegon, Nikmat di Lidah Harga Bersahabat

Nasi Gonjleng Khas Cilegon, Nikmat di Lidah Harga Bersahabat

1959
0
Nasi Gonjleng Kuliner Khas Cilegon

Anda sedang berburu kuliner di Kota Cilegon? Ada makanan menarik nan nikmat nih, namanya Nasi Gonjleng nama menu khas dari Cilegon. Seperti apa ya rasanya dan berapa harganya?

Namanya memang terdengar unik. Ternyata sajian ini memang istimewa. Nasi Gonjleng umumnya hanya tersaji di hari-hari besar, seperti Lebaran, Isra Mi’raj, atau Maulid Nabi bagi warga Cilegon.

Pada dasarnya, kuliner ini memiliki bumbu mirip dengan nasi kebuli yang beraroma pekak dan kapulaga. Terkait hal tersebut, ada satu kisah yang diyakini merupakan latar belakang penamaan kuliner ini.

Cerita yang berkembang di masyarakat Kota Cilegon, disebut Nasi Gonjleng karena nasi dimasak dan dinikmati beramai-ramai pada malam hari oleh para peronda.

Biasanya dihidangkan dengan daging kerbau, sapi, kambing, atau ayam. Keseluruhan proses itu disebut dengan Gonjlengan.

Namun sejak 3 tahun lalu, Ny. Hj. Wiwik (62), dan putrinya Ida (37), menjualnya di kedai mereka yang sederhana. Konon, Istilah gonjleng merujuk pada kegiatan makan bersama-sama.

Nasi Gonjleng ini dilengkapi dengan sambal goreng daging sapi, emping, dan acar timun. Terbayang sudah gimana nikmat cita rasa yang dimiliki oleh Nasi Gonjleng ini.

Bukan itu saja, dengan harga Rp15.000 saja kita sudah bisa menikmati Nasi Gonjleng khas Cilegon. Sangat bersahabat dengan masyarakat bukan harganya? rasa nikmat, harga bersahabat, perut juga kenyang.

Untuk pengunjung maupun masyarakat Kota Cilegon kalian dapat mencicipinya di Warung Makan Nasi Gonjleng, alamat tepatnya Jl. RA Kartini No. 2 RT 003/005 Jombang Wetan (Samping Rumah Dinas Walikota), Cilegon. Warung Makan Nasi Gonjleng ini buka mulai pukul 17:00 – 22:00 WIB. (Red)

Artikel ini hasil karya Krystin & Farah Aulia (Mahasiswa Ilmu Komunikasi Untirta 2016)