Beranda Politik Nasdem Optimis Fraksi Jadi Pertimbangan Utama dalam Penentuan Pj Walikota Serang

Nasdem Optimis Fraksi Jadi Pertimbangan Utama dalam Penentuan Pj Walikota Serang

Wakil Ketua II DPRD Kota Serang, Roni Alfanto.

SERANG – Antusiasme terkait penentuan Pejabat Sementara (Pj) Walikota Serang semakin terasa di DPRD Kota Serang. Wakil Ketua II DPRD Kota Serang yang juga Ketua DPC Nasdem Kota Serang, Roni Alfanto, memberikan pandangan mendalam karena jabatan Walikota Serang akan berakahir pada 5 Desember 2023.

Ia berbicara tentang mekanisme penentuan calon Pj Walikota, rekomendasi Nasdem, dan harapannya dalam membangun Kota Serang kedepan.

Menanggapi pertanyaan mengenai calon Pj Walikota, Roni Alfanto menjelaskan saat ini pihaknya masih menanti surat resmi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri). Setelah surat tersebut diterima, DPRD akan mengadakan rapat pimpinan untuk membahas usulan dari fraksi-fraksi.

“Kami akan berdiskusi dan Insyaallah akan mengirimkan nama-nama dari DPRD, maksimal tiga calon,” ungkap Roni.

Sementara waktu pelaksanaan pemilihan Pj Walikota masih belum pasti, Roni menyampaikan bahwa hal ini masih dalam proses menunggu. “Kita tunggu aja, karena saya juga belum tahu surat dari kemendagri akan turun,” katanya santai.

Roni Alfanto juga menjelaskan rekomendasi dari pihaknya sebagai Ketua Nasdem Kota Serang. Ia menegaskan bahwa calon Pj Walikota yang direkomendasikan oleh Nasdem harus melalui mekanisme fraksi. Roni menjelaskan akan merapatkan mekanisme fraksi terlebih dahulu sebelum mengeluarkan nama-nama calon.

“Tentu saja ini dilakukan setelah kami menerima surat resmi dari Mendagri,” ujarnya.

Lebih lanjut, Roni mengatakan pihaknya akan melakukan konsultasi dengan fraksi-fraksi untuk mendapatkan pendapat mereka. “Kami akan merapat dengan fraksi-fraksi dan meminta masukan mereka. Kami akan membahas siapa yang layak, pas, dan bisa bersinergi dalam membangun Kota Serang ke depan,” jelasnya.

Terkait calon yang telah muncul di publik, yakni Sekda Kota Serang Nanang Syaefudin dan Sekretaris DPRD Kota Serang Ahmad Nuri, keduanya merupakan kader Nasdem, Roni menyatakan bahwa keduanya memiliki potensi yang baik.

“Kedua nama tersebut memang sudah ramai diperbincangkan. Pak Nanang memiliki pengalaman di setwan dan pernah bekerja bersama kami, serta memiliki kepemimpinan yang bagus. Pak Nuri juga adalah kader kami yang aktif. Kami punya komunikasi yang baik dengan keduanya,” kata Roni.

Namun, Roni menegaskan bahwa keputusan akhir belum diambil dan akan disesuaikan dengan hasil rapat fraksi. “Kami akan menunggu hasil rapat fraksi untuk memutuskan siapa calon yang akan kami rekomendasikan,” ujarnya.

Menurutnya Partai Nasdem berada dalam proses yang penuh dinamika dalam menentukan calon Pj Walikota Serang. “Keputusan yang akan diambil nantinya diharapkan akan mampu membawa sinergi dalam membangun Kota Serang menjadi lebih baik,” ujarnya. (Dhe/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini