Beranda Internasional Nama Joko Widodo Dipakai untuk Masjid di Abu Dhabi

Nama Joko Widodo Dipakai untuk Masjid di Abu Dhabi

Duta Besar RI di Abu Dhabi, Husin Bagis tengah menjelaskan Masjid Jokowi di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. [tangkap layar X @/jokowi]

JAKARTA – Nama Presiden Joko Widodo atau Jokowi dipakai untuk nama masjid di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Presiden menyampaikan, Masjid Jokowi kini sudah dibuka untuk umum.

Melalui akun X resmi, Jokowi menyebut masjid tersebut pertama kali dibangun pada 2021. Pembangunan kemudian dinyatakan rampung pada Oktober 2023.

“Sekarang sudah dibuka untuk umum,” katanya melalui akun X @jokowi dikutip Suara.com (jaringan BantenNews.co.id), Selasa (26/12/2023).

Penggunaan nama Jokowi untuk sebuah masjid di Abu Dhabi itu tidak terlepas dari hubungan diplomatik antara Indonesia dan Persatuan Emirat Arab.

Jokowi menyebut, kedua negara resmi menjalin hubungan diplomatik sejak 1976.

Hubungan tersebut semakin erat dan menjalar di berbagai bidang mulai dari ekonomi, pendidikan hingga antarpribadi para pemimpin.

Saking akrabnya, kedua negara saling bertukar untuk penggunaan nama.

Kalau di Abu Dhabi ada jalan yang diberi nama Jokowi atau Jokowi Street, maka di Indonesia pun ada nama jalan yang dinamai Sheikh Mohammed bin Zayed.

Hal tersebut juga berlaku pada penamaan masjid.

“Di kota Surakarta berdiri Masjid Agung Sheikh Zayed, dan di Abu Dhabi sudah berdiri pula Masjid Jokowi,” ungkapnya.

Melalui tayangan video dari Biro Pers Sekretariat Presiden, Duta Besar RI di Abu Dhabi, Husin Bagis mengungkapkan, Masjid Jokowi itu terletak di depan Jalan Presiden Joko Widodo.

Masjid yang dinamakan Masjid Rais Joko Widodo tersebut bisa menampung kurang lebih 3 ribu orang.

Husin menyebut, Masjid Jokowi itu dibangun dengan ukuran yang cukup besar. Halamannya pun tampak luas dan ditanami dengan pohon-pohon asal Indonesia, salah satunya adalah pohon mangga.

Ia berharap Masjid Jokowi bisa menjadi salah satu destinasi bagi warga negara Indonesia (WNI) yang berwisata ke Dubai atau pun Abu Dhabi.

“Mudah-mudahan dengan adanya masjid ini menjadi salah satu tujuan bagi orang Indonesia yang akan berlibur ke Abu Dhabi atau ubai berkunjung ke Masjid Jokowi,” harap Husin. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ