Beranda Kesehatan Musim Pancaroba, Begini Tips Supaya Tubuh Tak Mudah Drop

Musim Pancaroba, Begini Tips Supaya Tubuh Tak Mudah Drop

Ilustrasi - foto istimewa doktersehat.com

SERANG – Musim pancaroba ditandai dengan pergantian cuaca yang begitu cepat. Meski pagi hari cerah, terkadang siang hari bisa tiba-tiba mendung dan hujan deras mengguyur. Di cuaca yang tak menentu ini, penting sekali bagi Anda untuk menjaga tubuh agar tidak mudah drop dan terkena penyakit.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit. Salah satunya menerapkan pola hidup sehat untuk mempertahankan imunitas tubuh. Yuk, mulai terapkan 5 hal berikut yang dilansir dari herbexhealth dan rosemedicalgroups berikut ini.

1. Rutin Berolahraga

Cuaca tak menentu tidak boleh jadi alasan untuk malas bergerak. Sebaliknya, Anda perlu rutin berolahraga agar tetap bugar dan daya tahan tubuh terjaga. Cobalah mulai rutin berolahraga ringan, seperti jalan-jalan di sekitar rumah, jogging, atau bersepeda. Jika cuaca cerah, sempatkanlah berolahraga di luar rumah agar Anda bisa mendapatkan asupan vitamin D secara langsung.

2. Istirahat yang Cukup

Waktu tidur ideal yang dianjurkan dalam sehari ialah 8 jam per malam. Dengan memenuhi waktu istirahat yang cukup ini, Anda bisa ‘mengisi daya’ pada sistem saraf dan kekebalan tubuh sepanjang malam.

Istirahat yang cukup juga akan memberi Anda lebih banyak energi untuk dapat tetap aktif dan tidak mudah drop di tengah cuaca tak menentu.

3. Vaksinasi Flu

Kondisi cuaca yang tiba-tiba panas atau hujan sering kali meningkatkan risiko flu pada seseorang. Untuk itu, alangkah baiknya jika Anda mengantisipasi hal ini dengan melakukan vaksinasi flu lebih awal. Tindakan pencegahan ini membuat Anda tak perlu lagi khawatir terserang flu dan penyakit lainnya yang biasa menyerang saat cuaca tak menentu.

4. Makan Makanan Bergizi

Upaya meningkatkan daya tahan tubuh saat cuaca tak menentu juga bisa dilakukan dengan makan makanan bergizi. Pastikan isi piringmu tak hanya dipenuhi karbohidrat, tapi juga dilengkapi dengan gizi seimbang dari protein, sayur, dan buah-buahan.

Protein merupakan sumber energi yang baik untuk tubuh. Sementara sayur dan buah kaya akan vitamin dan mineral yang bantu membangun sistem kekebalan tubuh Anda.

5. Penuhi Kebutuhan Hidrasi Tubuh

Tak lupa, Anda juga perlu memenuhi kebutuhan hidrasi tubuh di musim pancaroba yang serba tak menentu ini. Hindari dehidrasi karena kondisi ini bisa membuat Anda drop dan melemahkan daya tahan tubuh.

Disarankan untuk mengonsumsi air kelapa agar hidrasi tubuh terjaga, serta dapat mengeluarkan racun yang mungkin masuk ke dalam tubuh dan mencegah tubuh terserang sakit. Anda bisa mengonsumsi Hydro Coco yang terbuat dari air kelapa asli kaya akan nutrisi dan memiliki banyak manfaat kesehatan serta bantu imun tubuh #LebihTerjaga. Segarnya air kelapa asli dari Hydro Coco ini bisa bantu Anda menghidrasi tubuh secara alami saat cuaca tak menentu maupun di tengah aktivitas padat lainnya.

(Red/detik.com)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini