Beranda Sosial dan Budaya Musim Kemarau, PT KS dan Anak Perusahaan Salurkan Air Bersih untuk Warga...

Musim Kemarau, PT KS dan Anak Perusahaan Salurkan Air Bersih untuk Warga Cilegon

162
0
Manajemen PT Krakatau Steel (KS) dan anak perusahaannya untuk segera memberikan bantuan air bersih ke wilayah-wilayah yang mengalami kekeringan

CILEGON – Musim kemarau panjang dan hujan yang jarang di Kota Cilegon membuat sumber-sumber air mengalami penyusutan debit, bahkan cenderung habis. Hal ini menyulitkan warga di beberapa wilayah Kota Cilegon untuk memperoleh air bersih untuk keperluan sehari-hari.

Hal ini menjadi perhatian manajemen PT Krakatau Steel (KS) dan anak perusahaannya untuk segera memberikan bantuan air bersih ke wilayah-wilayah yang mengalami kekeringan tersebut.

PT KS melalui anak usahanya PT Krakatau Tirta Industri (KTI) menyaalurkan 85.000 ribu liter air bersih ke beberapa wilayah di Kota Cilegon dan Serang yang terdampak kekeringan akibat kemarau yang berkepanjangan.

Direktur SDM PT KS, Rahmad Hidayat mengatakan, sebagai perusahaan yang berada di wilayah Cilegon, pihaknya merasa harus membantu untuk mengatasi kondisi ini tanpa harus menunggu permintaan dari warga.

“Kami memiliki fasilitas pendukung di anak perusahaan yang memproduksi air bersih. PT KTI memiliki kapasitas 2.500 liter per detik dalam memproduksi air untuk industri. Sudah sepantasnya kami secara grup hadir dalam permasalahan ketersediaan air bersih di wilayah Cilegon,” ujar Rahmad, Selasa (10/9/2019).

Sementara itu, Direktur Utama PT KTI Agus Nizar Vidiansyah mengatakan, sepanjang periode Januari hingga Agustus 2019, pihaknya didampingi oleh PT KS sebagai induknya telah menyalurkan 85.000 Liter air bersih ke 8 tempat di wilayah Cilegon dan sekitarnya.

“Terakhir, pada CSR PT KTI bekerja sama dengan CSR PT Krakatau Steel menyalurkan bantuan air bersih ke Kampung Cupas Wetan, Kelurahan Gerem, Kecamatan Grogol Kota Cilegon,” ujar Vidi.

Kedatangan Tim CSR KTI langsung mendapat respon masyarakat berbondong-bondong untuk mendapatkan air dari tangki mobil air bersih KTI. Menurut beberapa sumber mengatakan, banyak warga yang harus berjalan jauh menuju sumber air bersih dan antre sangat panjang demi mendapatkan air bersih.

Vidi juga menambahkan pihaknya tidak menutup kemungkinan PT KTI bekerjasama dengan pihak/instansi lain dalam menanggulangi kondisi seperti ini sebagai bagian CSR KTI dan kepedulian perusahaan terhadap lingkungan. Persatuan IStri Karyawan (Periska) Krakatau Steel salah satunya yang pernah melakukan kerja sama dengan KTI.

Di Desa Pabean Kecamatan Purwakarta bantuan dilakukan selama dua hari dengan total air sebanyak 8000 liter. Sementara di Kelurahan Lebak Gede, Kecamatan Pulomerak bantuan air dilakukan secara tiga tahap dengan total bantuan 15.000 liter.

Sebelumnya PT bersama BUMN lain juga turut membantu warga Desa Manglid, Pakuncen, Kabupaten Serang dalam penyediaan fasilitas air bersih. Air bersih ini mengaliri bagi 400 KK di wilayah Pakuncen yang berketinggian 330 m dpl. “Alhamdulillah kami bagaikan mimpi mendapatkan air bersih. Terima kasih atas bantuan air bersih ini,” ujar Saefullah, Kepala Desa Pakuncen.

(Man/Red)