Beranda Peristiwa Musim Kemarau Diperkirakan Terjadi di Bulan Mei

Musim Kemarau Diperkirakan Terjadi di Bulan Mei

Kondisi Danau Tasikardi, Kabupaten Serang di musim kemarau. (Istimewa)

TANGSEL – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut bahwa, musim kemarau di Tangerang akan jatuh pada bulan Mei 2020.

Kepala Seksi Observasi dan Informasi Stasiun Klimatologi Tangerang Selatan (Tangsel), Yanuar Henry Pribadi mengatakan, prakiraan tersebut untuk tanggal masih tentatif, namun musim kemarau diprakirakan sudah masuk pada awal Mei di wilayah Tangerang secara keseluruhan.

Menurut Yanuar, rilis prakiraan cuaca berdasarkan data dari Stalklim Tangsel tersebut, bukan hanya untuk di wilayah Tangerang, melainkan seluruh Banten.

“Kemarau pun akan terjadi di bulan April di wilayah Serang bagian utara. Kemudian pada awal Mei di wilayah Tangerang secara keseluruhan dan Serang bagian tengah serta Cilegon akan menyusul memasuki musim kemarau,” ungkap Yanuar kepada BantenNews.co.id, Rabu (11/3/2020).

Sedangkan untuk wilayah Serang bagian selatan dan Pandeglang, kata Yanuar, kemarau diprakirakan mulai awal Juni, dan wilayah Lebak di akhir Juni.

“Menjelang memasuki musim kemarau tetap waspada musim peralihan, dimana ditandai dengan kejadian hujan lebat dalam waktu singkat dengan disertai petir dan angin kencang,” jelasnya.

Sementara untuk saat ini, lanjut Yanuar, cuaca masih masuk kategori musim hujan. Karena curah hujan masih berkisar 50 mm dalam 10 harian.

“Musim kemarau terjadi apabila hujan dalam 10 harian berjumlah kurang dari 50 mm,” pungkasnya. (Ihy/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ