Beranda Pendidikan Murid Rumah Pintar Kreasi Cilegon Rindu Belajar di Sekolah

Murid Rumah Pintar Kreasi Cilegon Rindu Belajar di Sekolah

Siswa Rumah Pintar Kreasi (RPK) Cilegon

CILEGON – Pembatasan kegiatan belajar mengajar rupanya bukan hanya terjadi di sekolah formal saja. Di pendidikan nonformal pun juga sama.

Contohnya adalah di Rumah Pintar Kreasi (RPK) Cilegon, yang beralamat di Kelurahan Kubangsari, Kecamatan Ciwandan, Kota Cilegon.

Menurut pendiri RPK Cilegon, Ade Bayu, RPK Cilegon memang menyediakan kegiatan tambahan setelah para siswa belajar di sekolah. Adapun pelajaran yang diajarkan adalah pelajaran seperti matematika, bahasa Inggris dan sebagainya dengan dipandu oleh relawan dari berbagai kampus.

“Biasanya, selain pengajar yang berasal dari sini, ada juga yang kalau ada KKM atau penelitian, bahkan kemarin juga ada yang dari Undip Semarang datang mereka berbagi ilmu di sini. Jadi kami tetap melaksanakan kegiatan rutin tapi tidak lupa kita juga menyarankan untuk selalu mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19,” kata Ade, Minggu (27/12/2020).

Selain itu, pembatasan anggota RPK Cilegon yang mayoritas adalah siswa SD di sekitar Kubangsari untuk mengunjungi dan belajar di RPK Cilegon masih dibatasi.

“Saat pandemi, kegiatan kita agak dikurangi murid-muridnya. Kami adakan sistem pergantian untuk masuk kelas. Ini dilakukan demi mencegah penyebaran Covid-19 tentunya,” ujar Ade yang mendirikan RPK Cilegon di tahun 2019 lalu ini.

“Anak-anak juga mulai merindukan belajar bersama teman-temannya bersekolah seperti biasanya. Mereka kangen dengan kondisi sebelum pandemi,” tuturnya.

Ade berharap, tahun depan Covid-19 bisa berlalu sehingga kegiatan yang sempat tertunda di tahun ini bisa dilaksanakan oleh RPK Cilegon pada momen selanjutnya.

“Kegiatan tahun depan, kita akan coba untuk selalu mendalami syariat Islam seperti belajar mengaji Al-Quran dan kitab kuning agar dapat belajar soal ilmu dunia dan akhirat,” ungkapnya.

(AU/Red/SG)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disiniĀ