Beranda Peristiwa Muncul di Belakang Hotel, Warga Cinangka Serang Tangkap Buaya Muara

Muncul di Belakang Hotel, Warga Cinangka Serang Tangkap Buaya Muara

Petugas BKSDA dibantu unsur TNI dan BPBD Kabupaten Serang mengevakuasi buaya muara. (Wahyu/Bantennews)

 

SERANG – Warga Kampung Ciparay, Desa Cinangka, Kabupaten Serang, Senin (13/7/2020) dini hari digegerkan munculnya buaya muara. Buaya berusia sekitar 7 tahun itu muncul ke permukaan muara Cidanau, tepatnya di belakang Hotel Akasia.

Warga yang kaget dengan penemuan buaya muara agresif tersebut kemudian langsung berusaha menangkapnya. Dengan berbekal tambang dan peralatan seadanya, warga berhasil menangkap buaya tersebut.

Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jabar Regional Serang yang menerima laporan tersebut langsung menuju lokasi untuk mengevakuasi aligator yang terkenal buas tersebut. Kepala Resort Wilayah III Anto, menyebutkan buaya muara tersebut sudah dalam penanganan.

“Banyak luka jeratan. Tapi kondisinya masih hidup. Kami akan lakukan evakuasi dengan membawanya ke kantor BKSDA. Saat ini saya sudah di lokasi penemuan,” kata Anto kepada wartawan melalui sambungan telpon, Senin (13/7/2020).

Anto menyebutkan bahwa pihaknya belum mengetahui jenis kelamin buaya muara tersebut. “Rencananya kami akan bawa dulu ke kantor sambil menunggu instruksi pimpinan,” jelasnya.

Ditanya mengenai rencana kembali melepaskan hewan buas tersebut ke habitatnya, pihaknya masih berkoordinasi dengan Kepala BKSDA. Melihat agresivitas buaya muara tersebut pihaknya masih mempertimbangkan langsung melepaskan ke alam bebas.

Buaya berukuran dua meter tersebut rencananya akan dirawat sementara waktu hingga pilih dari luka jerat terutama pada bagian kepala. (You/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini