Beranda Bisnis Mulai Hari Ini, Tarif Tol Tangerang-Merak Naik

Mulai Hari Ini, Tarif Tol Tangerang-Merak Naik

Kecelakaan beruntun terjadi di Tol Tangerang Merak arah Tangerang, KM 66, tepatnya di kampung Pipitan, Walantaka, Kota Serang, Sabtu (20/8/2022).

BANTEN – Tarif Tol Tangerang-Merak mulai mengalami kenaikan hari ini, Selasa (3/1/2023) sejak puluk 00.00 WIB. Kepastian tarif Tol Tangerang Merak naik diumumkan ASTRA tol Tangerang-Merak selaku pengelola.

Penyesuaian tarif Tol Tangerang-Merak berdasarkan Keputusan Menteri PUPR No. 1751/KPTS/M/2022 tentang Penyesuaian Tarif Tol pada Ruas Jalan Tol Tangerang-Merak yang dikeluarkan 12 Desember 2022 lalu.

Terkait penyesuaian tarif tersebut, Presiden Direktur ASTRA Tol Tamer, Kris Ade Sudiyono mengungkapkan, penyesuaian tarif ini termasuk dalam penyesuaian tarif reguler 2 tahunan berdasarkan inflasi yang telah diatur dalam Undang-undang No. 2 tahun 2022 Pasal 48 ayat (3) dan penyesuaian tarif atas penambahan lingkup investasi peningkatan kualitas dan kapasitas jalan.

“Penyesuaian tarif ini bervariasi, karena dihitung berdasarkan nilai rupiah per kilometer,” kata Kris Ade, Minggu (1/1/2023) dilansir dari unggahan akun Instagram @abouttng.

Kris memaparkan, besaran tarif baru Tol Tangerang-Merak untuk kendaraan golongan I jarak terdekat dari Cikupa ke Balaraja Timur semula Rp2.500 menjadi Rp3.000. Sementara untuk jarak terjauh Cikupa-Merak semula Rp44.000 menjadi Rp53.500.

“Kami akan turun langsung memantau secara teknis di lapangan proses penggantian tarifnya, untuk memastikan bahwa sistem berjalan dengan benar,” ujarnya.

Lebih lanjut, Kris mengimbau masyarakat sebelum melakukan perjalanan dan melalui Tol Tangerang-Merak menyiapkan saldo uang elektroniknya agar tidak terjadi kendala saat di gerbang tol.

“Kepada pengguna jalan agar selalu memastikan kecukupan saldo uang elektronik (e-toll), sebelum melakukan perjalanan, agar tidak mengalami kendala pada saat bertransaksi di gerbang tol,” pungkasnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini