Beranda Peristiwa MUI Pandeglang Imbau Warga Tetap Laksanakan Salat Jumat di Masjid

MUI Pandeglang Imbau Warga Tetap Laksanakan Salat Jumat di Masjid

408
0
Ketua MUI Pandeglang Tubagus Hamdi Ma'ani. (Memed/bantennews)

PANDEGLANG – Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Pandeglang, Tubagus Hamdi Ma’ani tetap mengimbau umat muslim untuk melaksanakan Salat Jumat meski ada imbauan dari MUI Pusat yang menyarankan umat muslim beribadah di rumah.

Ia menjelaskan, imbauan yang dikeluarkan MUI Pusat berlaku pada daerah yang sudah dinyatakan terindikasi penyebaran virus Covid-19. Sementara di Pandeglang, indikasi penyebaran virus tersebut belum mengkhawatirkan.

“Apakah di sini sudah terindikasi penyebaran? Kalau belum kan kita cukup dengan waspada saja kan. Imbauan tersebut sudah terindikasi penyebaran. Kalau terindikasi diperkenankan tidak Salat Jumat, kalau sudah ada penyebarannya,” kata Hamdi, Jumat (20/3/2020).

Dengan begitu, sebelum adanya indikasi wabah yang ekstrem, maka kegiatan ibadah salat tetap dianjurkan dilaksanakan di masjid. Termasuk kegiatan lainnya yang dinilai belum perlu untuk dibatasi. Lagi pula dia meyakini, masjid masih menjadi tempat yang aman bagi umat muslim.

“Kita kan perlu menenangkan warga. Masjid kan tempat yang aman. Selama belum ada keterangan dari yang berkompeten seperti Dinas Kesehatan bahwa daerah itu sedang mewabah, baru kita batasi. Pandeglang Insya Allah masih aman,” ujarnya.

Pernyataan serupa juga diutarakan Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Pandeglang, Abdul Ghaffar. Dia menerangkan imbauan MUI pusat tidak berlaku menyeluruh di semua daerah. Apalagi pandangan umat Islam dalam menjalankan ibadah salat Jumat berbeda-beda sehingga tidak bisa disamaratakan.

“Karena pandangan orang terhadap Salat Jumat berbeda-beda, harus 40 orang dan harus di masjid maka kewajiban itu tidak luntur dengan sendirinya khususnya di Kabupaten Pandeglang,” jelasnya.

Namun demikian, Ghaffar tetap mengimbau agar masyarakat dan seluruh pengurus masjid untuk menjaga kebersihan.

“Yang harus dilakukan, tetap menjalankan imbauan pemerintah lalu dari sisi kebersihan dari sisi kesucian harus dijaga. Termasuk untuk selalu menjaga wudu. Jangan lepas dari wudu Insya Allah penyakit-penyakit akan hilang,” pesannya. (Med/Red)