Beranda Peristiwa Mudik Lebaran, Menhub Minta Keselamatan Penumpang Jadi Prioritas

Mudik Lebaran, Menhub Minta Keselamatan Penumpang Jadi Prioritas

Foto istimewa

MERAK – Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi meminta keselamatan pemudik menjadi prioritas utama. Sebab itu dia meminta agar seluruh aspek keselamatan terutama di penyeberangan Pelabuhan Merak-Bakauheni dipenuhi sesuai dengan standar yang berlaku.

“Berkaitan dengan keselamatan harus dijaga dengan baik,” ujar Menhub saat melakukan tinjauan ke Pelabuhan Merak, Sabtu (2/6/2018).

Dia menyatakan dari hasil pemantauan persiapan mudik 2018 di Pelabuhan Merak dan Bakauheni, Lampung sudah cukup baik. Menurutnya, semua jajaran baik PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry, Polri, TNI serta pihak terkait lainnya sudah cukup kompak.

“Jadi tinggal pelaksanaannnya saja nanti. Meski sudah dipersiapkan masih ada catatan yang perlu mendapatkan perhatian yakni bagaimana angkutan mudik berjalan dengan lancar,” terangnya.

Dalam melancarkan arus lalu lintas pada mudik Lebaran 2018, menurutnya, kunci utamanya adalah ada pada pengendara roda dua. Dimana para petugas harus bisa mengendalikan ribuan kendaraan bermotor.

“Kuncinya bagaimana kita bisa mengendalikan kendaraan bermotor. Untuk kendaraan bermotor akan dilayani dermaga VI Pelabuhan Merak. Namun bila tidak muat di layani di dermaga lainnya. Polri dan TNI siap membantu melayani di dermaga lainnya,” terangnya.

Dia mengimbau kepada seluruh pemudik agar berangkat pada siang hari. Itu dilakukan supaya arus mudik lancar. Dia juga menyatakan memprioritaskan keamanan pemudik.

“Kita ingin sekali bagaimana operasi jangan malem saja. Tetapi siang juga.
Tadi saya di Bakauheni di Lampung sudah minta bantuan Kapolres untuk untuk lebih meningkatkan pengamanan di wilaya lintas Timur. Sehingga pemudik bisa berangkat kapan saja, bisa siang hari, pagi atau sore. Kita minta pengamanan kepada para pemudik,” katanya. (Man/Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini