Beranda Nasional Mudik Lebaran 2024 Diprediksi Melonjak 70%, Masyarakat Diimbau Gunakan Transportasi Umum

Mudik Lebaran 2024 Diprediksi Melonjak 70%, Masyarakat Diimbau Gunakan Transportasi Umum

Situasi kendaraan pemudik pemotor di dalam kawasan Pelabuhan Ciwandan pada saat puncak arus mudik Lebaran 2023. (Ist)

BANTEN – Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi memprakirakan lonjakan arus mudik lebaran 2024 akan melonjak hingga 70 persen dibandingkan tahun lalu.

Hal itu disampaikan dia usai saat meresmikan Biskita Trans Bekasi Patriot di Halte Trans Patriot Summarecon Bekasi, pada Minggu (3/3/2024).

“Dari persentase itu tumbuh yang signifikan, kalau lebaran lalu (2023) kurang dari 50 persen pada lebaran kali ini kurang lebih 70 persen. Jadi kira-kira 70 persen, saya belum tentu angkanya berapa,” ucapnya kepada wartawan.

Dia mengaku, persiapan arus mudik lebaran 2024 ini telah dirapatkan bersama presiden Joko Widodo (Jokowi). Kata Budi, presiden meminta agar seluruh stakeholder mempersiapkan dengan matang rekayasa arus lalu lintas mudik 2024.

“Kami kemarin sudah rapat dengan Bapak Presiden, saya dan Kapolri disuruh mempersiapkan kegiatan-kegiatan persiapan itu. Tentu template dari pada apa yang kita lakukan pada mudik-mudik, sudah cukup matang tapi kita enggak boleh lengah,” tuturnya.

Budi memastikan, pihaknya tak henti-hentinya menyampaikan agar masyarakat lebih baik menggunakan transportasi umum seperti kereta atau bus untuk pergi ke kampung halamannya.

“Kami memang mengimbau masyarakat selalu menggunakan angkutan massal, tidak menggunakan motor dan banyak hal yang secara tahunan sudah kita sampaikan nah ini tolong dipersiapkan oleh para pemudik,” sambungnya. (Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini