Beranda Peristiwa Mudik Idul Adha ke Tanara, KH Ma’ruf Bacakan Bareng Santri

Mudik Idul Adha ke Tanara, KH Ma’ruf Bacakan Bareng Santri

KH Ma'ruf Amin merayakan Idul Adha 1440 Hijriah di kampung halamannya, di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara, Kabupaten Serang

SERANG – Mustasyar PBNU, KH Ma’ruf Amin merayakan Idul Adha 1440 Hijriah di kampung halamannya, di Pondok Pesantren An-Nawawi Tanara, Kabupaten Serang, Minggu (11/8/2019).

Dalam agenda mudiknya itu, Cawapres terpilih itu menyempatkan diri bersilaturahmi dengan santri dan masyarakat Tanara. Kiai Ma’ruf juga menyaksikan ritual kurban, berupa pemotongan sapi di halaman Masjid Agung Penata, bersama ratusan santri dan masyarakat.

“Alhamdulillah, kami sekeluarga berkesempatan untuk melaksanakan ibadah kurban. Sejumlah instansi, relawan dan perusahaan juga turut menitipkan qurbannya di sini,” kata anak ke-6 Kyai Ma’ruf, Ustadz Ahmad Muayyad, usai pemotongan hewan kurban di halaman Masjid Agung Penata, Tanara, Kabupaten Serang, Banten, Ahad (11/08/2019).

Gus Yayat juga mengungkapkan, total sapi yang dikurbankan di hari raya Idul Adha kali ini sebanyak 11 ekor. Tiga ekor dari keluarga, empat ekor dari Master C 19 dan sisanya dari sejumlah instansi, perusahaan dan individu.

“Tadi acara seremonial pemotongan hewan kurban. Hewan kurban di dapat dari mana-mana, ada yang dari individu, dari instansi, ada juga dari perusahaan,” terangnya.

Hewan kurban itu menurut Gus Yayat, dipotong dalam dua gelombang. Pertama hanya dipotong dua ekor, untuk santri dan pengurus pesantren. Sementara sisanya akan dipotong pada Senin (12/8/2019).

“Daging dibagikan untuk santri dan masyarakat. Malam nanti, Abah akan bersilaturahmi dengan masyarakat di Kecamatan Tanara. Abah juga akan memberikan tausiyah dan membaca deybah (solawat) bersama santri,” imbuhnya.

Sebelum mengisi ceramah, KH Ma’ruf, menurut Yayat akan bacakan atau makan bersama dengan para santrinya.

“Insya Allah dilanjutkan dengan makan malam bersama santri nanti malam ada acara barjanji, terus ada tausiyah ceramah dari abah yai,” jelasnya.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini