Beranda Peristiwa Muatan Penumpang, KMP Mitra Nusantara Kandas di Perairan Merak

Muatan Penumpang, KMP Mitra Nusantara Kandas di Perairan Merak

50
0
KMP Mitra Nusantara saat kandas di perairan sekitar Pulau Merak Kecil. (Foto : Gilang)

MERAK – Diduga lantaran mendadak mati mesin, Kapal Motor Penumpang (KMP) Mitra Nusantara yang baru bertolak dari lintasan dermaga enam di Pelabuhan Merak menuju Bakauheni, kandas di depan perusahaan galangan kapal PT Timas Merak, di sekitar pangkalan nelayan Mabak, Kamis (11/10/2018).

Informasi yang dihimpun, kapal tersebut kandas sekira pukul 15.00 WIB dan mengakibatkan penumpang di dalam kapal pun harus menunda keberangkatannya sebelum akhirnya kapal dievakuasi oleh kapal Tug Boat Tirtayasa milik PT Pelindo.

“Tadi itu memang pas angin lagi kencang ke arah utara. Kapal kayaknya memang sengaja dikandasin di situ sama nahkodanya, soalnya kalau ngga, akan nabrak kapal nelayan di sini,” ungkap Rasito (33) salah seorang nelayan Mabak.

Seperti yang diketahui tepat di antara dermaga papan di Mabak dan pulau Merak Kecil yang tak jauh dari kandasnya kapal terdapat sejumlah kapal nelayan yang sedang tidak beroperasi saat itu.

Untuk mengantisipasi kondisi yang tak lebih memungkinkan lagi, kapal naas itu pun akhirnya berhasil dievakuasi sandar di dermaga dua dan mengeluarkan kendaraan dari dalam kapal, karena dari dermaga enam tanpa penumpang pejalan kaki.

“Sementara kapal akan dievakuasi ke dermaga dua, untuk dibongkar lagi dulu. Kita belum dapat laporan dan informasi lengkapnya penyebab kapal kandas, termasuk jumlah penumpang di dalam kapal,” ujar Kasie Keselamatan Berlayar dari Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Klas I Banten, Hendra Prasetya. (dev/red)

loading...