Beranda Peristiwa MTQ Banten XVI di Kota Tangerang Resmi Digelar, WH Nilai Mirip Asian...

MTQ Banten XVI di Kota Tangerang Resmi Digelar, WH Nilai Mirip Asian Games

146
0
Kafilah MTQ Banten XVI di Kota Tangerang saat pembukaan - foto istimewa Humas Pemkot Tangerang

TANGERANG –  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XVI Provinsi Banten resmi digelar. Pembukaan ajang tahunan tersebut dibuka di kawasan Pusat Pemerintah Kota Tangerang.

Gubernur Banten, Wahidin Halim menilai pembukaan MTQ tersebut mirip dengan pembukaan Asian Games 2018.

Pembukaan Asian Games, yang dilaksanakan pada 17 Agustus 2018 di Gelora Bung Karno Jakarta menjadi perhatian seluruh masyarakat baik dalam maupun luar negeri.

Ajang itu menjadi catatan sejarah bagi Indonesia dengan pembukaan termegah dan penuh nuansa tradisional mulai dari Sabang hingga Merauke.

“Saya rasa Pak Arief (Walikota Tangerang) menyontoh dari Asian Games, kalau begini. Nanti saya mau pinjam juga, saya gak mau kalah, saya mau bikin juga di Banten,” kata Wahidin, Senin (25/3/2019) malam.

Menurutnya, meski sempat terjadi insiden di mana gapura yang berada diarena MTQ ambruk akibat terjangan angin, tetap tak menjadi halangan. Karena pembukaan yang diikuti oleh empat Kota dan Kabupaten di Provinsi Banten ini sederhana namun terkesan megah.

Di mana, para peserta berjalan layaknya kontingen kemudian diserta dengan musik dari marching band Tangerang.

“Kita sangat berharap penyelenggaraan spektakuler yang megah ini akan menghasilkan hal yang baik dengan mencetak para Qori dan Qoriah yang baik, tidak hanya untuk Banten tapi untuk nasional dan Internasional. Saya lihat juga, MTQ di Sumut (Sumatera Utara) kalah suasana nya dengan Banten dan di sini,” ujarnya dikutip dari VIVA.co.id.

Sementara itu, Walikota Tangerang, Arief R Wismansyah, mengatakan pelaksanaan MTQ merupakan salah satu cara mensyiarkan agama Islam di daerahnya.

“MTQ juga kegiatan syiar Islam terbesar di Banten dengan harapan memperkuat ukhuwah islamiah dan dapat memperkuat kesatuan dan persatuan Indonesia,” ungkapnya. (Red)