Beranda Teknologi Motor Sulit di Starter, Apa Penyebabnya?

Motor Sulit di Starter, Apa Penyebabnya?

Perawatan Motor Matic

SERANG – Motor sulit di starter saat ingin dipakai, pastinya akan membuat sebal. Tapi, rupanya permasalahan tersebut ada hubungannya dengan kapan terakhir kendaraan diservis.

Sepeda motor memerlukan servis rutin karena mesin apapun jika sering digunakan akan mengalami keausan atau kehabisan bahan tertentu. Servis rutin bisa mencegah kerusakan di beberapa komponen lainnya.

Biasanya saat sepeda motor tidak bisa dihidupkan, langsung mencurigai aki. Namun, kemungkinan lain adanya komponen yang rusak juga bisa terjadi.

Dikutip dari Wahana Honda, ada beberapa penyebab  motor tidak bisa di starter :

• Habis bensin. Tangki motor tidak boleh dibiarkan kosong atau mendekati kosong. Tangki kosong akan menyebabkan karat dan pompa bahan bakar akan cepat rusak karena sering kepanasan.

• Memakai BBM kualitas rendah. Biasanya, karena kehabisan bensin,  posisi SPBU masih jauh, langsung ambil keputusan membeli BBM di pinggir jalan yang eceran. Padahal ini bisa berisiko BBM sudah tercampur, entah sengaja atau tidak sengaja.

• Aki soak atau lemah. Aki kering bisa tahan hingga dua tahun lebih. Jika umur aki sudah 2 tahun, sebaiknya menabung untuk siap-siap ganti aki.

• Kabel putus. Hati-hati dengan kabel putus. Jika sekring bekerja, maka hanya sekring yang putus. Jika sekring tidak bekerja bisa menyebabkan korsleting dan percikan api.

• Sekring putus. Sekring berfungsi sebagai pengaman jika terjadi korsleting. Sekring tida bisa diperbaiki, jadi harus diganti.

• Starter Elektrik kotor. Sebaiknya dibersihkan dari kerak dan debu.

• Swith rem rusak. Switch rem bertugas memutus arus listrik jika standar samping pada motor matic diturunkan. Jika switch rusak, motor tetap tidak bereaksi jika distarter.

• Kerusakan dinamo starter. Ini biasanya terjadi pada motor matic, tanda-tanda dinamo rusak biasanya ada suara gemeretak di area dinamo.

• Busi kotor atau soak. Bersihkan kepala busi menggunakan amplas halus. Jika tetap tidak bisa menyala, segera ganti dengan busi baru.

• Karburator kemasukan air. Air masuk melalui celah tali gas. Agar bisa distarter lagi, air harus dikeluarkan.

• Klep aus. Klep yang tidak bisa menutup dengan baik mengakibatkan kebocoran kompresi.

Ada sejumlah tips untuk menghadapi sepeda motor yang tidak bisa distater. Lakukan langkah-langkah berikut:

• Tetap tenang, jangan panik.

• Tuntun motor ke tempat yang aman, cahaya cukup dan tidak sepi.

• Teliti bagian-bagian yang kelihatan, misalnya bahan bakar.

• Teliti bagian-bagian yang bisa dibongkar sendiri, misalnya busi.

• Jika semua sudah dilakukan tapi motor tetap tidak bisa dihidupkan, hubungi bengkel panggilan. Karena itu, penting sekali menyimpan nomor bengkel panggilan di jalur-jalur yang sering atau akan dilewati.

• Jika terpaksa motor harus dititipkan karena kerusakan parah, jangan lupa memotret KTP orang yang dititipi, serta foto berdua (pemilik motor dengan yang dititipi).

Banyak penyebab kenapa motor tidak bisa di starter. Rajin melakukan servis rutin dan tetap berpikir tenang bisa mengatasi masalah tersebut. Pastikan selalu ingat kapan jadwal servis rutin dan lakukan pemeriksaan sekaligus perawatan motor berkala secara rutin di bengkel.

(Red)

Temukan Berita BantenNews.co.id di Google News

Dukung BantenNews.co.id untuk terus menyajikan jurnalistik yang independen. Klik disini